MIYASARI, DHAMILA (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF BERBASIS GAME WORDWALL PADA MATERI AQIDAH ISLAM KELAS VII DI MTs DARUL ULUM PASINAN BAURENO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (131kB)
AWALAN.pdf.pdf
Download (3MB)
BAB I. pdf.pdf
Download (642kB)
BAB II.pdf.pdf
Download (469kB)
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB) | Request a copy
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V. pdf.pdf
Download (443kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf
Download (514kB)
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses humanistik yang kemudian disebut humanisasi seseorang. Upaya mencapai tujuan pengajaran dalam pembelajaran agar tujuan pendidikan terlaksana dengan baik, dapat dilakukan dengan selalu mengevaluasi pengajaran yang dilakukan oleh guru. Penilaian diagnostik merupakan tugas penilaian yang memerlukan penilaian dan keahlian yang lebih besar dari guru dibandingkan penilai. Tujuan penilaian diagnostik adalah untuk mendiagnosis ketidak mampuan belajar peserta didik guna memperbaikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pengembangan asesmen diagnostik pembelajaran berbasis game menggunakan wordwall pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII materi Akidah Islam di MTs Darul Ulum Pasinan dan bagaimana hasil pengembangan asesmen diagnostik pembelajaran berbasis game menggunakan wordwall pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII materi Akidah Islam di MTs Darul Ulum Pasinan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah instrumen tes diagnostik kognitif untuk mengidentifikasi pemahaman siswa yang berbentuk soal pilihan ganda. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE dimana tahap penelitian meliputi analisis, design, development, implementation, dan evaluation.Proses pengembangan asesmen diagnostik kognitif berbasis game wordwall ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE Analisi (mengumpulkan informasi kebutuhan penelitian, karakteristik peserta didik, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai), Design (merancang tujuan pembelajaran dan menyusun instrumen soal), Development (pembuatan soal asesmen melalui game wordwall dan mengvalidasi coba produk kepada validator), Implementation (pengujian produk yang sudah divalidasikan oleh validator kepada peserta didik), Evaluation (pembahasan hasil produk yang sudah di uji coba untuk melihat keefektifan prodak dalam mencapai tujuan pembelajaran). Hasil validasi Ahli materi dan media (79%) menunjukkan kriteria layak , hasil uji coba produk (85%) menunjkan kriteria sangat layak. pada hasil analisis data disimpulkan bahwa produk instrumen asesmen diagnostik kognitif yang dihasilkan sangat layak dan diterapkan.
Kata Kunci: Asesmen diagnostik kognitif , mengidentifikasi kompetensi peserta pendidikan agama islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Asesmen diagnostik kognitif , mengidentifikasi kompetensi peserta pendidikan agama islam. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dhamila Miyasri |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:49 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN NIDN2124028403 Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6000 |