PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF BERBASIS GAME WORDWALL PADA MATERI AQIDAH ISLAM KELAS VII DI MTs DARUL ULUM PASINAN BAURENO BOJONEGORO

MIYASARI, DHAMILA (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF BERBASIS GAME WORDWALL PADA MATERI AQIDAH ISLAM KELAS VII DI MTs DARUL ULUM PASINAN BAURENO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf.pdf] Text
AWALAN.pdf.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I. pdf.pdf] Text
BAB I. pdf.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of BAB II.pdf.pdf] Text
BAB II.pdf.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of BAB III.pdf.pdf] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf.pdf] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V. pdf.pdf] Text
BAB V. pdf.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses humanistik yang kemudian disebut humanisasi seseorang. Upaya mencapai tujuan pengajaran dalam pembelajaran agar tujuan pendidikan terlaksana dengan baik, dapat dilakukan dengan selalu mengevaluasi pengajaran yang dilakukan oleh guru. Penilaian diagnostik merupakan tugas penilaian yang memerlukan penilaian dan keahlian yang lebih besar dari guru dibandingkan penilai. Tujuan penilaian diagnostik adalah untuk mendiagnosis ketidak mampuan belajar peserta didik guna memperbaikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pengembangan asesmen diagnostik pembelajaran berbasis game menggunakan wordwall pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII materi Akidah Islam di MTs Darul Ulum Pasinan dan bagaimana hasil pengembangan asesmen diagnostik pembelajaran berbasis game menggunakan wordwall pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII materi Akidah Islam di MTs Darul Ulum Pasinan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah instrumen tes diagnostik kognitif untuk mengidentifikasi pemahaman siswa yang berbentuk soal pilihan ganda. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE dimana tahap penelitian meliputi analisis, design, development, implementation, dan evaluation.Proses pengembangan asesmen diagnostik kognitif berbasis game wordwall ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE Analisi (mengumpulkan informasi kebutuhan penelitian, karakteristik peserta didik, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai), Design (merancang tujuan pembelajaran dan menyusun instrumen soal), Development (pembuatan soal asesmen melalui game wordwall dan mengvalidasi coba produk kepada validator), Implementation (pengujian produk yang sudah divalidasikan oleh validator kepada peserta didik), Evaluation (pembahasan hasil produk yang sudah di uji coba untuk melihat keefektifan prodak dalam mencapai tujuan pembelajaran). Hasil validasi Ahli materi dan media (79%) menunjukkan kriteria layak , hasil uji coba produk (85%) menunjkan kriteria sangat layak. pada hasil analisis data disimpulkan bahwa produk instrumen asesmen diagnostik kognitif yang dihasilkan sangat layak dan diterapkan.
Kata Kunci: Asesmen diagnostik kognitif , mengidentifikasi kompetensi peserta pendidikan agama islam.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Asesmen diagnostik kognitif , mengidentifikasi kompetensi peserta pendidikan agama islam.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhamila Miyasri
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:49
Last Modified: 15 Aug 2024 03:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2124028403
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item
View Item