PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTU GOOGLE SITES DAN THUNKABLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI ZAKAT PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII

ULUMUDDIN, MUHAMMAD FATHHUL (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTU GOOGLE SITES DAN THUNKABLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI ZAKAT PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran melalui aplikasi merupakan inovasi pendidikan untuk menjawab tantangan akan ketersediaan sumber belajar yang variatif. Keberhasilan dari suatu model ataupun media pembelajaran tergantung dari karakteristik peserta didiknya. Salah satu jenis media yang tepat dalam proses pembuatan bahan ajar yaitu Aplikasi Google Sites dan Thunkable. Karena Google Sites didalamnya dapat memuat gambar, Link Youtube video pembelajaran, dan Quiz untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran serta dalam aplikasi Thunkable terdapat kalkulator zakat yang dapat memudahkan siswa untuk menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research & Devlopment) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : Tahap analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, angket, tes dan penggunaan angket validasi media dan materi. Dari hasil validasi media mendapatkan presentase rata-rata 93,2% dengan kriteria “sangat valid” dari hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase rata - rata 90,9% dengan kriteria “sangat valid”. Dengan demikian bahan ajar berbantu Google sites dan Thunkable dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan berdasarkan implementasi bahan ajar berbantu Google sites dan Thunkable pada mata pelajaran Fikih materi zakat ini dapat meningkatkan pemahaman siswa, hasil ini diambil dari nilai pretest dan postest yang diberikan kepada siswa. Kata kunci : Bahan ajar, Google sites dan Thunkable, Zakat

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Google sites dan Thunkable, Zakat.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fathul Ulumuddin
Date Deposited: 15 Aug 2024 19:11
Last Modified: 19 Aug 2024 03:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
Thesis advisor
KHOIRIYAH, SITI
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item
View Item