PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN SKI MATERI SEJARAH DAULAH USMANI KELAS XI DI MAN 2 BOJONEGORO

AMRI, MOCH. ZACKY (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN SKI MATERI SEJARAH DAULAH USMANI KELAS XI DI MAN 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (967kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap membosankan. Penggunaan media pembelajaran dapat membuat suasana pada proses. Salah satunya adalah dengan menggunakan media permainan monopoli.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan monopoli dan untuk mengetahui kelayakan permainan monopoli sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas XI MAN 2 Bojonegoro.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) model ADDIE meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Penilaian dalam pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli ini meliputi validasi ahli media, validasi ahli materi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar.
Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran ini meliputi tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli meliputi validasi ahli media memperoleh nilai 88%, dengan kategori sangat layak, validasi ahli materi memperoleh nilai 95%, dengan kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 100%, dengan kategori sangat layak, dan uji coba kelompok besar memperoleh nilai 97%, dengan kategori sangat layak. Maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan monpoli sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan Monopoli, Media Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 950 Sejarah Asia > 956 Sejarah Timur Tengah (Timur Dekat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 20015121@unugiri.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:38
Last Modified: 14 Aug 2024 03:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NISA', IDA FAUZIATUN
NIDN2124129001
Thesis advisor
ROIN, USMAN
NIDN0728088204
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5953

Actions (login required)

View Item
View Item