PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI PERCERAIAN DI MA ISLAMIYAH BALEN BOJONEGORO

SARI, VITA KURNIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI PERCERAIAN DI MA ISLAMIYAH BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM selama empat tahun berturut-turut. Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh rendahnya semangat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) pada mata pelajaran fikih materi perceraian terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Islamiyah Balen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen berdesain Non equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA sebagai kelas eksperimen dan XI IPS sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes dan observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik uji t-test dengan SPSS 22 dengan ketentuan Sig (2-tailed) > taraf signifikansi (α) maka H0 ditolak, dan Sig (2-tailed) < taraf signifikansi (α) maka diterima.
Hasil analisis statistik uji t-test menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu E-LKPD terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikan lebih kecil dari taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Hal itu berarti penerapan model Problem Based Learning berbantu E-LKPD dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada lembar observasi, aktivitas siswa berada pada kategori baik sekali dengan persentase 85% s/d 90%. Model Problem Based Learning berbantu E-LKPD dapat membuat aktivitas belajar siswa meningkat begitu juga dengan pemahaman siswa terhadap konsep materi perceraian. sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Islamiyah Balen

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, E-LKPD, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vita Kurnia Sari
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:54
Last Modified: 13 Aug 2024 07:54
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IZZA, YOGI PRANA
NIDN0731127601
Thesis advisor
RAHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item
View Item