PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 3 BOJONEGORO

MILLAH, FA'IQOTUL (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 3 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER .pdf] Text
COVER .pdf

Download (408kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB  I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (414kB)
[thumbnail of LAMPIRAN .pdf] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X MAN 3 Bojonegoro, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui penggunaan media pembelajaran Quizizz Paper Mode; 2) Mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 3 Bojonegoro; 3) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Akidah Akhlak setelah penggunaan media pembelajaran Quizizz Paper Mode di MAN 3 Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimental design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X dengan sampel 30 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara, serta teknik analisis data berupa uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Penggunaan media pembelajaran Quizizz Paper Mode yaitu sebagai berikut: a) Peneliti log-in ke dalam aplikasi Quizizz dengan akun yang sudah terdaftar dilaptop yang dipaparkan menggunakan proyektor, b) Setelah itu masuk ke mode guru dan pilih menu library, c) Kemudian pilih soal yang sudah disiapkan, d) Kemudian klik mode kertas, e) Sebelum soal dimulai peneliti terlebih dahulu membuka aplikasi Quizizz di handphone dengan akun yang sama dilaptop untuk memindai jawaban siswa, f) Kemudian siswa menjawab soal yang sudah dipaparkan dengan menggunakan kertas berisi gambar barcode, g) Setelah itu peneliti menscan jawaban siswa menggunakan handphone; 2) Hasil pre test siswa kelas X pada mata pelajaran akidah akhlak yang dilakukan sebelum perlakuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,00, dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 100; 3) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Setelah Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Paper Mode diketahui dari perhitungan uji hipotesis uji one sample t-test dengan menggunakan IBM Statistic 27 sebesar 0,000 < 0,05, dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Setelah Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Paper Mode. Perbedaan hasil belajar siswa kelas X dapat diketahui juga dari nilai hasil rata-rata siswa dengan nilai rata-rata pre test sebesar 66,00 sedangkan nilai rata post test 80,00, sehingga nilai hasil rata-rata post test lebih tinggi dari nilai hasil rata-rata pre test.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran. Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FA'IQOTUL MILLAH
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:23
Last Modified: 13 Aug 2024 06:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5925

Actions (login required)

View Item
View Item