PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF DISERTAI FEEDBACK UNTUK MATA PELAJARAN PAI KELAS VII MATERI RUKHSAH DI SMPN 1 SUMBERREJO

KHOIRUNNISAK, ANA (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF DISERTAI FEEDBACK UNTUK MATA PELAJARAN PAI KELAS VII MATERI RUKHSAH DI SMPN 1 SUMBERREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian formatif memiliki tujuan untuk meningkatkan potensi serta pencapaian siswa dalam pelaksanaan hasil belajarnya. Berdasarkan pencapaian penilaian yang telah dilakukan diharapkan mampu menyelesaikan pertanyaan apakah bahan pembelajaran perlu diulang. Penilaian formatif merupakan penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk memberikan feedback (umpan balik) berkelanjutan pada siswa. Tujuannya adalah untuk memantau perkembangan siswa terkait kekuatan dan kelemahan mereka, serta memberikan arahan yang tepat untuk meningkatkan pembelajaran. Pada penelitian Research and Development ini, peneliti menggunakan prosedur penelitian model ADDIE Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development),, Implementasi (Implementation) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara angket dan tes. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari beberapa responden meliputi: ahli materi, ahli asesmen. pendidik dan peserta didik. Sedangkan teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan rasch model. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli asesmen dari aspek isi mendapatkan skor rata-rata 83,3% (sangat valid), aspek konstruk mendapatkan skor dengan rata-rata 87,5% (sangat valid) dan dari aspek perwajahan mendapatkan skor rata-rata 75% (valid). Aspek kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 97,5% (sangat valid). Sementara hasil analisis angket ahli materi, ahli asesmen, pendidik dan peserta didik dari aspek keterbacaan mendapatkan skor rata-rata 93% (sangat valid). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa asesmen formatif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria dan dikatakan valid dan hasil penghitungan menggunakan analisis rasch model pada data summary statistic menunjukkan bahwasannya 20 butir soal telah memenuhi kriteria item reliability, person reliability dan alpha croncbach yang dapat disimpulkan bahwa asesmen formatif yang dikembangkan dinyatakan reliabel.
Kata Kunci: Pengembangan Asesmen di sertai Feedback, Materi Rukhsah

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan asesmen disertasi feedback, materi rukhsah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ana Khoirunnisak
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:04
Last Modified: 13 Aug 2024 04:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
NIDN2107057802
Thesis advisor
Anisah, Giati
NIDN2104070104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5918

Actions (login required)

View Item
View Item