KHOIRUNNISAK, ANA (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF DISERTAI FEEDBACK UNTUK MATA PELAJARAN PAI KELAS VII MATERI RUKHSAH DI SMPN 1 SUMBERREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (678kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (905kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (818kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (771kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (779kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penilaian formatif memiliki tujuan untuk meningkatkan potensi serta pencapaian siswa dalam pelaksanaan hasil belajarnya. Berdasarkan pencapaian penilaian yang telah dilakukan diharapkan mampu menyelesaikan pertanyaan apakah bahan pembelajaran perlu diulang. Penilaian formatif merupakan penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk memberikan feedback (umpan balik) berkelanjutan pada siswa. Tujuannya adalah untuk memantau perkembangan siswa terkait kekuatan dan kelemahan mereka, serta memberikan arahan yang tepat untuk meningkatkan pembelajaran. Pada penelitian Research and Development ini, peneliti menggunakan prosedur penelitian model ADDIE Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development),, Implementasi (Implementation) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara angket dan tes. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari beberapa responden meliputi: ahli materi, ahli asesmen. pendidik dan peserta didik. Sedangkan teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan rasch model. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli asesmen dari aspek isi mendapatkan skor rata-rata 83,3% (sangat valid), aspek konstruk mendapatkan skor dengan rata-rata 87,5% (sangat valid) dan dari aspek perwajahan mendapatkan skor rata-rata 75% (valid). Aspek kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 97,5% (sangat valid). Sementara hasil analisis angket ahli materi, ahli asesmen, pendidik dan peserta didik dari aspek keterbacaan mendapatkan skor rata-rata 93% (sangat valid). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa asesmen formatif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria dan dikatakan valid dan hasil penghitungan menggunakan analisis rasch model pada data summary statistic menunjukkan bahwasannya 20 butir soal telah memenuhi kriteria item reliability, person reliability dan alpha croncbach yang dapat disimpulkan bahwa asesmen formatif yang dikembangkan dinyatakan reliabel.
Kata Kunci: Pengembangan Asesmen di sertai Feedback, Materi Rukhsah
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan asesmen disertasi feedback, materi rukhsah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ana Khoirunnisak |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:04 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 04:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aufa, Ari Abi NIDN2107057802 Thesis advisor Anisah, Giati NIDN2104070104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5918 |