Model Pembelajaran PAI Berbasis Nilai-Nilai Asmaul Husna dalam Membentuk Karakter Pembelajar Siswa di SDIT Nurul Huda Padangan dan SDIT An Nur Purwosari Bojonegoro

KHASANAH, SITI USWATUN (2024) Model Pembelajaran PAI Berbasis Nilai-Nilai Asmaul Husna dalam Membentuk Karakter Pembelajar Siswa di SDIT Nurul Huda Padangan dan SDIT An Nur Purwosari Bojonegoro. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model Pembelajaran Nilai Asmaul Husna salah satu sarana dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam pendidikan agama terjadi interaksi antara pendidik dan peserta didik yang berlangsung dalam aneka ragam kegiatan pembelajaran. Proses interaksi ini bertujuan guna mentransmisikan ilmu pengetahuan, keterampilan, maupun karakter kepada peserta didik muncul beberapa permasalahan, sehubungan dengan itu muncul satu aplikasi yang dapat membantu proses pendidikan berdiferensiasi khususnya untuk pendidikan agama Islam yaitu aplikasi Khazanah Islam, maka peneliti ingin mengungkap bagaimana Model Pembelajaran PAI Berbasis Nilai-Nilai Asmaul Husna Dalam Membentuk Karakter Pembelajar Siswa Di SDIT Nurul Huda Padangan dan SDIT AN NUR Purwosari Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kuasi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data hermeneutik yaitu memberikan interpretasi sesuai konteks yang sedang berlangsung, diawali dengan reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan temuan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu guru PAI dan kepala sekolah Di SDIT Nurul Huda Padangan dan kepala sekolah SDIT AN NUR Purwosari Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Nilai- Nilai Asmaul Husna Menjadikan siswa faham materi pembelajaran dan bisa mengingat ketika ditanya oleh gurunya, serta dapat meningkatan pemahaman peserta didik pada materi Pendidikan agama islam yang disampaiakan sebagai bentuk dari tujuan Pendidikan akal.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Nilai Asmaul Husna, Karakter Pembelajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Uswatun Khasanah
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:07
Last Modified: 14 Aug 2024 02:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
NIDN2110027101
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
NIDN2121067401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item
View Item