KHASANAH, SITI USWATUN (2024) Model Pembelajaran PAI Berbasis Nilai-Nilai Asmaul Husna dalam Membentuk Karakter Pembelajar Siswa di SDIT Nurul Huda Padangan dan SDIT An Nur Purwosari Bojonegoro. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (537kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (734kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (783kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (663kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (631kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (712kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Model Pembelajaran Nilai Asmaul Husna salah satu sarana dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam pendidikan agama terjadi interaksi antara pendidik dan peserta didik yang berlangsung dalam aneka ragam kegiatan pembelajaran. Proses interaksi ini bertujuan guna mentransmisikan ilmu pengetahuan, keterampilan, maupun karakter kepada peserta didik muncul beberapa permasalahan, sehubungan dengan itu muncul satu aplikasi yang dapat membantu proses pendidikan berdiferensiasi khususnya untuk pendidikan agama Islam yaitu aplikasi Khazanah Islam, maka peneliti ingin mengungkap bagaimana Model Pembelajaran PAI Berbasis Nilai-Nilai Asmaul Husna Dalam Membentuk Karakter Pembelajar Siswa Di SDIT Nurul Huda Padangan dan SDIT AN NUR Purwosari Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kuasi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data hermeneutik yaitu memberikan interpretasi sesuai konteks yang sedang berlangsung, diawali dengan reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan temuan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu guru PAI dan kepala sekolah Di SDIT Nurul Huda Padangan dan kepala sekolah SDIT AN NUR Purwosari Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Nilai- Nilai Asmaul Husna Menjadikan siswa faham materi pembelajaran dan bisa mengingat ketika ditanya oleh gurunya, serta dapat meningkatan pemahaman peserta didik pada materi Pendidikan agama islam yang disampaiakan sebagai bentuk dari tujuan Pendidikan akal.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Nilai Asmaul Husna, Karakter Pembelajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Uswatun Khasanah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:07 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri NIDN2110027101 Thesis advisor Ulfa, Ulfa NIDN2121067401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5900 |