IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIFITAS PESERTA DIDIK DI MTs AL-AMIRIYAH BELUN TEMAYANG

NURKHAYATI, MUSAROFAH (2024) IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIFITAS PESERTA DIDIK DI MTs AL-AMIRIYAH BELUN TEMAYANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (990kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Merdeka belajar adalah sebuah program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi, Nadiem Makarim sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan dalam belajar. Dengan adanya program Merdeka belajar, pemerintah berharap dapat menghadirkan Pendidikan yang bermutu tinggi bagi semua peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berkarakter deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlaq, dan siswa MTs Al-Amiriyah Belun.
Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran Akidah Akhlak merupakan pembelajaran yang sangat penting karena pembelajaran akidah akhlak bisa melatih siswa untuk berperilaku sopan terhadap orang yang lebih dewasa. Kemampuan guru dalam menentukan dan menerapkan model pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan saat kegiatan belajar mengajar. Dengan memberikan pembelajaran atau tugas yang dapat membentuk kreativitas siswa. Adanya kurikulum Merdeka membuat peserta didik merasa nyaman dan senang saat proses kegiatan belajar mengajar. Siswa juga merasa bebas menyampaikan pendapat mereka dengan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Merdeka Belajar, Kreatifitas Siswa
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURKHAYATI MUSAROFAH
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:16
Last Modified: 15 Aug 2024 03:16
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
NIDN2122037701
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
NIDN2121067401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item
View Item