FIRDAUS, SUKMAWATI (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMENT ASSESSMENT BERBASIS MEDIA SPINNING WHEEL PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI HAJI DAN UMROH KELAS VIII DI MTS SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDHATUL ULAMA SUNAN GIRIBOJONEGORO.
COVER I.pdf
Download (50kB)
HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (498kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (643kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (334kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (456kB)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kegiatan assessment pada mata pelajaran fikih terutama pada bab haji dan umroh di Mts Sabilul Muttaqin Margoagung siswa kurang menarik dengan pelaksanaan assessment yang menggunakan media yang terkesan monoton dan kurang menarik. Peserta didik akan senang jika pelaksanaan assessment dapat dilakukan dengan berupa permainan salah satunya dengan menggunakan media yang berupa spinning wheel dimana siswa dapat memutar media tersebut dan menjawab setiap pertanyaan yang sudah disediakan dalam setiap nomor jika panah tersebut berhenti disalah satu nomor tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan dua jenis data dalam pengumpulan data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian pengembangan yang menggunakan metode R&D ini mengunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan atau Langkah pengembangannya yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Development, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi.
Hasil penelitian pengembangan pada materi haji dan umroh kelas VIII A di Mts Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo Bojonegoro. Ini menghasilkan produk yang berupa media spinning wheel, kelayakan media spinning wheel telah memenuhi keriteria uji validasi ini dilakukan oleh 2 validator yaitu ahli media dan ahli materi dengan mendapatkan rata-rata 90,5% yang artinya media spinning wheel sebagai instrument assessment ini layak untuk digunakan. Sedangkan hasil respon peserta didik tentang instrument assessment berbasis media spinning wheel ini mendapatkan presentase 87% yang dilakukan dengan kelompok kecil yang berjumlah 10 peserta didik sedangkan 84% yang dilakukan oleh kelompok besar yang berjumlah 24 peserta didik. Dari hasil data yang telah diukur dengan menggunakan angket.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan instrument assessment, Media spinning wheel, Fikih |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sukmawati Firdaus |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:45 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:45 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN NIDN2124028403 Thesis advisor ROZI, FAHRU NIDN201810235 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5884 |