PENGEMBANGAN ASESMEN SUMATIF BERBASIS WIZER.ME MATERI HAJI DAN UMROH KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM KARANGAN KEPOHBARU BOJONEGORO

SUBAHRUDDIN, A BURHAN (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN SUMATIF BERBASIS WIZER.ME MATERI HAJI DAN UMROH KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM KARANGAN KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Unuversitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat fundamental dalam keihidupan dan tatanan masyarakat, bahkan tolak ukur kemajuan suatu bangsa adalah dilihat dari tingkat kualitas pendidikanya, karena tanpa pendidikan suatu bangsa tidak akan memiliki kemampuan untuk mengelolah kekayaan alamnya, namun di era kemajuan tekhnoligi seperti saat ini, sudah menjadi keharusan bagi dunia pendidikan untuk melangkah maju dengan memodernisasi pendidikan melalui pemanfaatan tekhnologi dalam pelaksanaanya, salah satunya adalah menciptakan instrument asesmen pembelajaran yang menarik dan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui pengembangan asesmen sumatif berbasis wizer.me materi haji dan umroh. 2) Mengetahui kelayakan asesmen sumatif berbasis wizer.me materi haji dan umroh.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (RnD) menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry melalui lima tahapan yaitu; analisis (analiyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pengembangan asesmen sumatif berbasis wizer.me materi haji dan umroh dilakukan dengan lima tahapan yaitu; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dengan menggunakan rasch model. 2) Kelayakan asesmen sumatif berbasis wizer.me materi haji dan umroh dinyatakan sangat layak didasarkan pada skor penilaian dari ahli materi sebesar 85,4%, ahli asesmen 75,0%, guru 97,9%, siswa 92,1% serta penghitungan pada rasch model yang menunjukkan bahwa asesmen telah valid serta reliabel.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Asesmen Sumatif, Wizer.Me, Materi Haji Dan Umroh
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: A Burhan Subahruddin
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:46
Last Modified: 12 Aug 2024 08:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
Thesis advisor
SILFIYAH, KHOIROTUS
NIDN2119049201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item
View Item