SUBAHRUDDIN, A BURHAN (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN SUMATIF BERBASIS WIZER.ME MATERI HAJI DAN UMROH KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM KARANGAN KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Unuversitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (528kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (567kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (701kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (694kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (533kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (486kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat fundamental dalam keihidupan dan tatanan masyarakat, bahkan tolak ukur kemajuan suatu bangsa adalah dilihat dari tingkat kualitas pendidikanya, karena tanpa pendidikan suatu bangsa tidak akan memiliki kemampuan untuk mengelolah kekayaan alamnya, namun di era kemajuan tekhnoligi seperti saat ini, sudah menjadi keharusan bagi dunia pendidikan untuk melangkah maju dengan memodernisasi pendidikan melalui pemanfaatan tekhnologi dalam pelaksanaanya, salah satunya adalah menciptakan instrument asesmen pembelajaran yang menarik dan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui pengembangan asesmen sumatif berbasis wizer.me materi haji dan umroh. 2) Mengetahui kelayakan asesmen sumatif berbasis wizer.me materi haji dan umroh.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (RnD) menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry melalui lima tahapan yaitu; analisis (analiyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pengembangan asesmen sumatif berbasis wizer.me materi haji dan umroh dilakukan dengan lima tahapan yaitu; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dengan menggunakan rasch model. 2) Kelayakan asesmen sumatif berbasis wizer.me materi haji dan umroh dinyatakan sangat layak didasarkan pada skor penilaian dari ahli materi sebesar 85,4%, ahli asesmen 75,0%, guru 97,9%, siswa 92,1% serta penghitungan pada rasch model yang menunjukkan bahwa asesmen telah valid serta reliabel.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Sumatif, Wizer.Me, Materi Haji Dan Umroh |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | A Burhan Subahruddin |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:46 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ROZI, FAHRU NIDN2125048401 Thesis advisor SILFIYAH, KHOIROTUS NIDN2119049201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5881 |