SHAUTIN, ELSA AYU (2024) IMPLEMENTASI CHATGPT (CHAT GENERATIVE PRE-TRAINED TRANSFORMER) SEBAGAI MEDIA BANTU BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI (SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM) DI MAN 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (47kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (730kB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (732kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (703kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (492kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (513kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
ChatGPT (Chat Generative Pre-Trained Transformer) merupakan sebuah kecerdasan buatan. Untuk terus meningkat mutu pendidikan pada siswa sesuai perkembangan zamannya serta untuk menjadikan pembelajaran mata pelajaran SKI menjadi menarik dan mudah diingat dan dipelajari maka diimplementasikanlah ChatGPT sebagai media belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah terkait bagaimana bentuk implementasi ChatGPT sebagai media bantu belajar pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Bojonegoro, dan bagaimana hasil implementasi ChatGPT sebagai media bantu belajar pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk implementasi ChatGPT sebagai media belajar pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Bojonegoro, serta untuk mengetahui hasil dari implementasi ChatGPT sebagai media belajar pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Bojonegoro.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Untuk sumber data primer diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan sumber data sekunder dari guru mata pelajaran lain, waka kurikulum serta buku, jurnal, dan internet terpercaya. Untuk teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, display dan verifikasi data. Teori yang digunakan yaitu mencakup variabel dan konteks dari penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dalam bentuk implementasi ChatGPT sebagai media bantu belajar pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Bojonegoro oleh guru SKI dan siswa siswi kelas XI B1/MIPA 1 dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap langkah-langkah penggunaan ChatGPT dan tahap pembelajaran dengan menggunakan ChatGPT sebagai media bantu belajar. Untuk hasil dari implementasi ChatGPT sebagai media bantu belajar pada mata pelajaran SKI di MAN 1 Bojonegoro didapatkan hasil yaitu siswa siswi menjadi lebih mudah paham dan bertambah pemahamannya, serta adanya peningkatan nilai dari evaluasi pembelajaran sebelum dan sesudah implementasi ChatGPT berdasarkan data wawancara dan observasi peneliti. Dikuatkan dengan hasil wawancara dengan siswa-siswi kelas XI bahwa bentuk implementasi yang Guru SKI gunakan dapat membantu menjadi lebih kritis dengan latihan soal dan evaluasi yang dilakukan.
Kata Kunci : ChatGPT (Chat Generative Pre-Trained Transformer), Media, Belajar, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT (Chat Generative Pre-Trained Transformer), Media, Belajar, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ELSA AYU SHAUTIN |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:54 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MANSHUR, AHMAD NIDN2122037701 Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN2121067401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5870 |