PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI HEYZINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII MTS BAITUL MUTTAQIN TUMBRASANOM KEDUNGADEM

ANGGRINE, PUTRI SITMA VEVY (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI HEYZINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII MTS BAITUL MUTTAQIN TUMBRASANOM KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul heyzine terintegrasi pada mata pelajaran fikih sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas VIII Mts. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul terintegrasi heyzine pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-Modul ini dirancang dengan memadukan materi fikih yang disajikan secara interaktif melalui platform heyzine. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa validasi dengan dua validator ahli materi memperoleh nilai presentase 97,43% dan validasi ahli media 90% dengan kriteria sangat valid, serta aspek kelayakan e-modul kemampuan pemecahan masalah siswa memperoleh nilai 85% dengan kriteria valid. Selanjutnya untuk efektifitas e-modul diperoleh setelah memperoleh nilai validitas kemudian dilakukan perhitungan reliabilitas yaitu hasil perhitungan data diperoleh hasil sebesar 97,43%. Uji normalitas menunjukkan bahwa angka signifikansi data 0,044 lebih besar dari alpha yang menandakan distribusi data yang normal. Selanjutnya, hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung 1,342 lebih kecil dari pada nilai t-tabel 1,697261. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Heyzine, Kemampuan Problem Solving.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Sitma Vevy Anggrine
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:58
Last Modified: 12 Aug 2024 04:58
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aziz, Su’udin
NIDN2121128602
Thesis advisor
Wulandari, Pramesti
NIDN0731129501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item
View Item