ANGGRINE, PUTRI SITMA VEVY (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI HEYZINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII MTS BAITUL MUTTAQIN TUMBRASANOM KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (361kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (407kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (438kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (290kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (352kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul heyzine terintegrasi pada mata pelajaran fikih sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas VIII Mts. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul terintegrasi heyzine pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-Modul ini dirancang dengan memadukan materi fikih yang disajikan secara interaktif melalui platform heyzine. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa validasi dengan dua validator ahli materi memperoleh nilai presentase 97,43% dan validasi ahli media 90% dengan kriteria sangat valid, serta aspek kelayakan e-modul kemampuan pemecahan masalah siswa memperoleh nilai 85% dengan kriteria valid. Selanjutnya untuk efektifitas e-modul diperoleh setelah memperoleh nilai validitas kemudian dilakukan perhitungan reliabilitas yaitu hasil perhitungan data diperoleh hasil sebesar 97,43%. Uji normalitas menunjukkan bahwa angka signifikansi data 0,044 lebih besar dari alpha yang menandakan distribusi data yang normal. Selanjutnya, hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung 1,342 lebih kecil dari pada nilai t-tabel 1,697261. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Heyzine, Kemampuan Problem Solving. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Putri Sitma Vevy Anggrine |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:58 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 04:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su’udin NIDN2121128602 Thesis advisor Wulandari, Pramesti NIDN0731129501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5845 |