PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BOOK (AR-BOOK) BERBASIS ETNOMATEMATIKA

PUTRI, MERRY MARISKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BOOK (AR-BOOK) BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini berkembang sangat pesat dan tidak dapat dihindari. Dampak perkembangan teknologi juga membawa perubahan dalam paradigma pendidikan terutama pada perubahan kurikulum. Pembelajaran dalam kurikulum merdeka proses pembelajaran melibatkan teknologi didalamnya untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik. Augmented Reality termasuk kedalam media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada matematika terutama materi geometeri bangun ruang sisi lengkung. Media pembelajaran yang dikombinasikan dengan etnomatematika sangat menarik untuk meningkatkan peserta didik dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Etnomatematika yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah jajanan tradisional. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh kevalidan dan kelayakan media pembelajaran Augmented Reality Book (AR-Book) berbasis Etnomatematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D dengan langkah yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran) yang disederhanakan menjadi 3D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Hasil kevalidan dari pengembangan media pembelajaran Augmented Reality Book (AR-Book) Berbasis Etnomatika memperoleh penilaian dari validator ahli media yaitu 4,5 dengan kriteria “media sangat valid digunakan” sedangkan penilaian dari validator ahli materi memperoleh rata-rata 4,8 dengan kategori “materi sangat valid digunakan”. Sedangkan kelayakan media diperoleh dari lembar angket respon peserta didik kelas IX semester 2 di MTs. Al-Yakin yang berjumlah 42 peserta didik memperoleh rata-rata yaitu 4,49 dengan kategori “media sangat layak digunakan”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality Book (AR-Book) Berbasis Etnomatemtika sangat valid dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Bangun Ruang, Etnomatematika.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Merry Mariska Putri
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:39
Last Modified: 12 Aug 2024 03:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FATHONI, M. IVAN ARIFUL
NIDN0705019103
Thesis advisor
SARI, ASTRID CHANDRA
NIDN0721059101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5840

Actions (login required)

View Item
View Item