PUTRI, MERRY MARISKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BOOK (AR-BOOK) BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (40kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (551kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (731kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (235kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (479kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi pada saat ini berkembang sangat pesat dan tidak dapat dihindari. Dampak perkembangan teknologi juga membawa perubahan dalam paradigma pendidikan terutama pada perubahan kurikulum. Pembelajaran dalam kurikulum merdeka proses pembelajaran melibatkan teknologi didalamnya untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik. Augmented Reality termasuk kedalam media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada matematika terutama materi geometeri bangun ruang sisi lengkung. Media pembelajaran yang dikombinasikan dengan etnomatematika sangat menarik untuk meningkatkan peserta didik dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Etnomatematika yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah jajanan tradisional. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh kevalidan dan kelayakan media pembelajaran Augmented Reality Book (AR-Book) berbasis Etnomatematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D dengan langkah yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran) yang disederhanakan menjadi 3D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Hasil kevalidan dari pengembangan media pembelajaran Augmented Reality Book (AR-Book) Berbasis Etnomatika memperoleh penilaian dari validator ahli media yaitu 4,5 dengan kriteria “media sangat valid digunakan” sedangkan penilaian dari validator ahli materi memperoleh rata-rata 4,8 dengan kategori “materi sangat valid digunakan”. Sedangkan kelayakan media diperoleh dari lembar angket respon peserta didik kelas IX semester 2 di MTs. Al-Yakin yang berjumlah 42 peserta didik memperoleh rata-rata yaitu 4,49 dengan kategori “media sangat layak digunakan”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality Book (AR-Book) Berbasis Etnomatemtika sangat valid dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Bangun Ruang, Etnomatematika. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Merry Mariska Putri |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:39 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:39 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FATHONI, M. IVAN ARIFUL NIDN0705019103 Thesis advisor SARI, ASTRID CHANDRA NIDN0721059101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5840 |