EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENGURANGI PERILAKU CYBERBULLYING DI SMP NEGERI 6 BOJONEGORO

ROHMANIA, SIRRI (2024) EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENGURANGI PERILAKU CYBERBULLYING DI SMP NEGERI 6 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_.pdf] Text
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Cyberbullying merupakan penyalahgunaan teknologi yang dilakukan seseorang ‎dengan cara memberi pesan ataupun mengunggah foto gambar dan video untuk ‎seseorang bertujuan agar seseorang tersebut dapat dipermalukan, diolok-olok, ‎ataupun memberikan ancaman. Cyberbullying memiliki 8 aspek yaitu: (1) Flaming, ‎‎(2) Harasament (3) Denigration (4) Impersonation (5) Outing and Trickery (6) ‎Exlucion, (7) Cyberstalking, (8) Happy Slapping. Penelitian ini dilakukan pada ‎siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bojonegoro dengan tujuan untuk mengetahui ‎keefektifan konseling kelompok dengan teknik reframing untuk mengurangi ‎perilaku cyberbullying siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan ‎desain one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan ‎instrumen cyberbullying, observasi dan wawancara, teknik purposif sampling ‎untuk memilih 8 sampel dari 222 responden yang akan di beri layanan konseling ‎kelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas ‎Shapirrow-Wilk, dan uji paired sampel t test. Berdasarkan hasil uji paired sampel t-‎test diketahui nilai sig. (2 tabiled) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha ‎di terima yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Penelitian konseling ‎kelompok teknik reframing terbukti efektif untuk mengurangi perilaku ‎cyberbullying siswa. ‎

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Reframing, Cyberbullying ‎
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Sirri Rohmania
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:11
Last Modified: 12 Aug 2024 05:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Setyioningsih, Yunita Dwi
NIDN0710068404
Thesis advisor
Efendi, Moh. Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item
View Item