PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DENGAN TEKNIK AVERSI

Ummah, Dewi Anis Khoirul (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DENGAN TEKNIK AVERSI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Tanggung jawab belajar tidak begitu saja muncul, melainkan harus diupayakan serta membutuhkan proses dan waktu agar menjadi aktual dan tercermin dalam kepribadiannya. Tanggung jawab belajar yang dimiliki siswa disekolah termasuk kedalam tanggung jawab pribadi. Tanggung jawab belajar menjadi masalah yang penting untuk diperhatikan. Guru bimbingan konseling menjadi salah satu fungsi strategis yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan tanggung jawab belajar. Melalui teknik aversi dianggap mampu untuk meningkatkan tanggung jawab belajar. Tujuan diberikannya teknik aversi adalah untuk mengurangi perilaku yang tidak diinginkan dengan memberikan stimulus yang tidak menyenangkan sehingga perilaku yang tidak diinginkan muncul. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall dengan sepuluh langkah penelitian. Sepuluh Langkah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada menjadi : (1) penelitian awal, (2) perencanaan,(3) pengembanga produk awal, (4) uji ahli, (5) revisi produk. Adapun teknik analisis data uji ahli dan uji calon pengguna produk (guru BK) menggunakan interrater agreement instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil uji menunjukkan bahwa produk pengembangan termasuk dalam kriteria sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan sangat patut. Sehingga produk telah layak digunakan oleh guru bimbingan konseling disekolah untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Saran pemanfaatan oleh guru bimbingan konseling untuk memahami setiap topik dan materi agar dapat memberikan pelatihan dengan maksimal. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan pengembangan lebih lanjut terkait dengan produk panduan yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Panduan pelatihan, Tanggung jawab belajar, Teknik aversi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:51
Last Modified: 06 Apr 2022 02:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item
View Item