Ummah, Dewi Anis Khoirul (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DENGAN TEKNIK AVERSI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (69kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (101kB)
BAB I.pdf
Download (177kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (99kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (101kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB) | Request a copy
Abstract
Tanggung jawab belajar tidak begitu saja muncul, melainkan harus diupayakan serta membutuhkan proses dan waktu agar menjadi aktual dan tercermin dalam kepribadiannya. Tanggung jawab belajar yang dimiliki siswa disekolah termasuk kedalam tanggung jawab pribadi. Tanggung jawab belajar menjadi masalah yang penting untuk diperhatikan. Guru bimbingan konseling menjadi salah satu fungsi strategis yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan tanggung jawab belajar. Melalui teknik aversi dianggap mampu untuk meningkatkan tanggung jawab belajar. Tujuan diberikannya teknik aversi adalah untuk mengurangi perilaku yang tidak diinginkan dengan memberikan stimulus yang tidak menyenangkan sehingga perilaku yang tidak diinginkan muncul. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall dengan sepuluh langkah penelitian. Sepuluh Langkah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada menjadi : (1) penelitian awal, (2) perencanaan,(3) pengembanga produk awal, (4) uji ahli, (5) revisi produk. Adapun teknik analisis data uji ahli dan uji calon pengguna produk (guru BK) menggunakan interrater agreement instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil uji menunjukkan bahwa produk pengembangan termasuk dalam kriteria sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan sangat patut. Sehingga produk telah layak digunakan oleh guru bimbingan konseling disekolah untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Saran pemanfaatan oleh guru bimbingan konseling untuk memahami setiap topik dan materi agar dapat memberikan pelatihan dengan maksimal. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan pengembangan lebih lanjut terkait dengan produk panduan yang telah dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Panduan pelatihan, Tanggung jawab belajar, Teknik aversi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 02:51 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 02:51 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi UNSPECIFIED Thesis advisor Tawakkal, M. Iqbal UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/580 |