PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS PADA PENGELOMPOKKAN NILAI-NILAI KARAKTER AKADEMIK SISWA

FADHILAH, ILMA KANZUN (2024) PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS PADA PENGELOMPOKKAN NILAI-NILAI KARAKTER AKADEMIK SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Penilaian dan pengelompokkan karakter akademik siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Kedungadem masih manual. Hal ini menyebabkan tidak akuratnya hasil yang dimunculkan. Selain itu, dalam penilaian lebih fokus secara akademis. Evaluasi pengembangan diri didasarkan pada penilaian subjektif guru. Sehingga diperlukan cara yang cepat, tepat dan akurat untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni K-Means Clustering. Penelitian ini menggunakan data 40 siswa kelas IX. Pada pembelajaran semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang memiliki beberapa atribut yaitu nama, nilai religius, nilai nasionalis, nilai kemandirian, nilai gotong royong, dan nilai integritas. Selanjutnya data yang diperoleh diolah pada Microsoft Excel dan diimplementasikan pada Python yang menghasilkan 2 cluster yaitu cluster 1 berjumlah 13 siswa dengan karakter akademik kurang baik dan cluster 2 berjumlah 27 siswa dengan karakter akademik baik. Evaluasi perhitungan jarak menggunakan teknik Davies Bouldin Index. Adapun Euclidean Distance menghasilkan skor 0.849, Manhattan distance menghasilkan skor 1.748, dan Overlap Similarity menghasilkan skor 2.280. Sehingga disimpulkan bahwa perhitungan jarak Euclidean yang digunakan cukup baik daripada perhitungan jarak Manhattan dan Overlap Similarity untuk mengelompokkan data kuesioner nilai-nilai karakter akademik siswa, dikarenakan hasil Davies Bouldin Index yang diperoleh mendekati nol.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Clustering, K-Means, Davies Bouldin Index, Karakter Akademik
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ilma Kanzun Fadhilah
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:49
Last Modified: 14 Aug 2024 04:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Vikri, Muhammad Jauhar
NIDN0712078803
Thesis advisor
Sahri, Sahri
NIDN0730129003
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5787

Actions (login required)

View Item
View Item