AZIZ, AHMAD HABIB JOHAR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DENGAN APLIKASI POWTOON PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI KETENTUAN MENSHALATI MAYIT DI MA DARUL HUDA SUGIHWARAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (110kB)
AWALAN .pdf
Download (964kB)
BAB 1.pdf
Download (448kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (484kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (891kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (298kB)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (356kB)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran hanyalah mengandalkan informasi dari guru hanya mengunakan media papan tulis sehingga membuat siswa mndaptkan minim pengetahuan tentang pembelajaran tersebut dan menjadiknn hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlunya adanya pembaruan pengunan media interaktif powtoon berbantu animasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya media powtoon berbantu animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA Daru Huda Sugihwaras. .
Penelitian pengembangan ini menggunakan jenis penelitian (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Dengan jumlah sampel 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Teknik kelayakan produk dan uji pre-tes dan post-tes pada siswa. Dengan indikator, siswa mampu mengetahui sayarat-syarat shalat jenazah, mengetahui tata cara menshalati jenazah dengan baik, mengetahui bacaan-bacaan yang ada pada takbir di shalat jenazah serta dapat mempraktekkannya dengan benar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapati Hasil dari pengembangan media vidio animasi berbasis aplikasi powtoon melalui hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi, pada validasi ahli media pertama oleh ahli media mendapat skor penilaian 40, presentase kevalidan 76,9 % dengan kategori “layak”, dan validasi ahli media tahap II mendapat skor 96,2% kategori “sangat layak” sedangkan uji validasi ahli materi tahap I menapat skor mendapat skor penilaian 28, presentase kevalidan 70 % dengan kategori “layak”, dan uji validasi ahli materi tahap kedua mendapat skor 92,5% dengan kategori “sangat layak. Hasil perhitungan data yang diperoleh, menunjukan bahwa hasil lembar kegiatan pre-tes siswa sebesar 60% tanpa menggunakan media vidio, sedangkan pada hasil kegiatan post-tes siswa sebesar 81% menggunakan media vidio animasi berbasis aplikasi powtoon. Maka dalam kegiatan ini mengalami peningkatan sebesar 21%. Dapat disimpulkan bahwa media vidio animasi powtoon sangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas sepuluh di MA Darul Huda Sugihwaras Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, aplikasi powtoon |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD HABIB JOHAR AZIZ |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:54 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2104099007 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5785 |