IMPLEMENTASI ASESMEN FORMATIF BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BALEN

UTAMI, S NUR ALFIANA PUTRI (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN FORMATIF BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (990kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy

Abstract

Zaman modern ini seringkali menemukan permasalahan dalam pengajaran khusunya pengajaran agama Islam, yaitu bagaimana cara guru menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien, kemudian kurangnya perhatian guru agama terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik. Asesmen formatif dalam dunia pendidikan sangatlah berperan salah satunya dalam proses pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk menerima pembelajaran dan segala informasi melalui media tanpa harus dengan keberadaan guru. Penggunaan aplikasi asesmen formatif dalam pembelajaran sudah banyak dikembangkan diantaranya penerapan sistem tutor cerdas, aplikasi game education dan pemanfaatan aplikasi – aplikasi sebagai suplemen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi asesmen formatif berbantuan wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Balen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan asesmen formatif. Hal ini menunjukkan bahwa asesmen formatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Dengan demikian, disarankan agar guru lebih sering menggunakan asesmen formatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi penerapan asesmen formatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Asesmen Formatif, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Wordwall.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 20015085@unugiri.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:04
Last Modified: 12 Aug 2024 06:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MAMLU'AH, AYA
NIDN2126079004
Thesis advisor
AZMI, AHMAD RIFQI
NIDN0717049205
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5779

Actions (login required)

View Item
View Item