UTAMI, S NUR ALFIANA PUTRI (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN FORMATIF BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (372kB)
AWALAN.pdf
Download (990kB)
BAB I.pdf
Download (815kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (678kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (575kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (514kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (315kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (887kB) | Request a copy
Abstract
Zaman modern ini seringkali menemukan permasalahan dalam pengajaran khusunya pengajaran agama Islam, yaitu bagaimana cara guru menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien, kemudian kurangnya perhatian guru agama terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik. Asesmen formatif dalam dunia pendidikan sangatlah berperan salah satunya dalam proses pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk menerima pembelajaran dan segala informasi melalui media tanpa harus dengan keberadaan guru. Penggunaan aplikasi asesmen formatif dalam pembelajaran sudah banyak dikembangkan diantaranya penerapan sistem tutor cerdas, aplikasi game education dan pemanfaatan aplikasi – aplikasi sebagai suplemen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi asesmen formatif berbantuan wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Balen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan asesmen formatif. Hal ini menunjukkan bahwa asesmen formatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Dengan demikian, disarankan agar guru lebih sering menggunakan asesmen formatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi penerapan asesmen formatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Formatif, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Wordwall. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email 20015085@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:04 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MAMLU'AH, AYA NIDN2126079004 Thesis advisor AZMI, AHMAD RIFQI NIDN0717049205 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5779 |