Anjelina, Rita (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS FLIP PDF CORPORATE MATERI GAYA DI SEKITAR KITA IPAS KELAS IV MIN 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (479kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (735kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (885kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (655kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (601kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPAS di kelas IV MIN 1 Bojonegoro menggunakan buku cetak sebagai bahan ajar. Penggunan buku cetak menujukkan bahwa belum ada potensi yang memanfaatkan dan meningkatkan pengalaman siswa belajar. Pembelajaran di kelas menjadi kurang efektif, siswa merasa jenuh dan kurang memperhatikan saat pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan tidak memahami konsep IPAS. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar e-book interaktif. Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbasis flip pdf corporate materi gaya di sekitar kita IPAS kelas IV MIN 1 Bojonegoro 2) Mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbasis flip pdf corporate materi gaya di sekitar kita IPAS kelas IV MIN 1 Bojonegoro.
Peneliti menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development), dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develpoment, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi, anlisis angket repon siswa dan analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book interaktif sangat layak berdasarkan validasi ahli desain media sebesar 92%, validasi ahli materi sebesar 93% dan validasi ahli bahasa sebesar 90%. E-book interaktif dalam kategori efektif berdasarkan rara-rata nilai pre-test 56,19 dan post-test dengan rata-rata sebesar 86,67 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar serta perhitungan n-gain skor sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hasil angket respon siswa dengan persentase 85,10% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book interaktif berbasis flip pdf corporate materi gaya di sekitar kita IPAS layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, E-book Interaktif, IPAS |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rita Anjelina |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 08:49 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 08:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, M. Romadlon NIDN2109058801 Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5777 |