PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS FLIP PDF CORPORATE MATERI GAYA DI SEKITAR KITA IPAS KELAS IV MIN 1 BOJONEGORO

Anjelina, Rita (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS FLIP PDF CORPORATE MATERI GAYA DI SEKITAR KITA IPAS KELAS IV MIN 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPAS di kelas IV MIN 1 Bojonegoro menggunakan buku cetak sebagai bahan ajar. Penggunan buku cetak menujukkan bahwa belum ada potensi yang memanfaatkan dan meningkatkan pengalaman siswa belajar. Pembelajaran di kelas menjadi kurang efektif, siswa merasa jenuh dan kurang memperhatikan saat pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan tidak memahami konsep IPAS. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar e-book interaktif. Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbasis flip pdf corporate materi gaya di sekitar kita IPAS kelas IV MIN 1 Bojonegoro 2) Mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbasis flip pdf corporate materi gaya di sekitar kita IPAS kelas IV MIN 1 Bojonegoro.
Peneliti menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development), dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develpoment, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi, anlisis angket repon siswa dan analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book interaktif sangat layak berdasarkan validasi ahli desain media sebesar 92%, validasi ahli materi sebesar 93% dan validasi ahli bahasa sebesar 90%. E-book interaktif dalam kategori efektif berdasarkan rara-rata nilai pre-test 56,19 dan post-test dengan rata-rata sebesar 86,67 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar serta perhitungan n-gain skor sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hasil angket respon siswa dengan persentase 85,10% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book interaktif berbasis flip pdf corporate materi gaya di sekitar kita IPAS layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, E-book Interaktif, IPAS
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rita Anjelina
Date Deposited: 10 Aug 2024 08:49
Last Modified: 10 Aug 2024 08:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Habibullah, M. Romadlon
NIDN2109058801
Thesis advisor
Rofi'ah, Firda Zakiyatur
NIDN2106089303
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5777

Actions (login required)

View Item
View Item