PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI NEARPOD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI KAIDAH ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTS BAITUL MUTTAQIN TUMBRASANOM KEDUNGADEM

ROHMAN, HILAL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI NEARPOD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI KAIDAH ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTS BAITUL MUTTAQIN TUMBRASANOM KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam pelaksanaan pembelajaran oleh karena itu seorang pendidik perlu meningkatkan kreativitasnya agar terciptanya sebuah pembelajaran yang menarik sehingga minat belajar peserta didik bisa meningkat yang nanti akan berdampak pada pemahamn siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbantu aplikasi Nearpod mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada materi kaidah Ilmu Tajwid dengan subjek 44 peserta didik di kelas VII MTs Baitul Muttaqin Tumbrasanom Kedungadem Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE analysis, design, development, iplementation, and evaluation. Pada penelitian ini, analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes yang dilakukan oleh peserta didik berupa pre tes dan pos tes, angket validasi ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik yang kemudian di analisis dengan skala likert 1-5. Hasil produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran berbantu aplikasi Nearpod pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist yang memuat materi kaidah Ilmu Tajwid. Disamping itu, hasil perolehan validasi ahli materi dan ahli media dikategorikan sangat layak, pada perolehan nilai rata-rata dari kedua kelas VII A dan VII B mendapatkan kategori layak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Nearpod, Al-Qur’an Hadist, Kaidah Ilmu Tajwid
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilal Rohman
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:05
Last Modified: 09 Aug 2024 02:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rozi, Fahru
NIDN2124028403
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5746

Actions (login required)

View Item
View Item