ROHMAN, MOH. KHOLILUR (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI ULAR TANGGA DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTS SYIAR ISLAM MAIBIT TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (368kB)
AWALAN.pdf
Download (981kB)
BAB I.pdf
Download (469kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (879kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (313kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (331kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (877kB) | Request a copy
Abstract
Minat belajar di MTs Syi’ar Islam Maibit Rengel Tuban masih terbilang rendah pada mata pelajaran SKI. Guru SKI di MTs Syi’ar Islam Maibit masih menerapkan metode ceramah dan presentasi. Guru di MTs Syi’ar Islam Maibit belum mengetahui bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh pada minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti hadir dalam membantu guru meningkatkan minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis Gamifikasi ular tangga dalam peningkatan minat belajar pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Syi’ar Islam Maibit Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan jenis true eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media pembelajaran berbasis Gamifikasi ular tangga dan Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan media pembelajaran berbasis Gamifikasi ular tangga dalam peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII materi gaya dan kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, Wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas Untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan. Uji Reliabilitas untuk mengetahui apakah instrumen penelitian yang digunakan Reliabel, uji prasayarat meliputi uji normalitas, uji N-gain dan juga uji hipotesis dengan uji T-test untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Gamifikasi ular tangga dalam meningkatkan minat belajar siswa yang dilihat dari data hasil data minat belajar Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) Dalam langkah-langkah penggunaan media pembelajaran berbasis Gamifikasi ular tangga yang perlu diperhatikan adalah pada fase perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi (2) terdapat pengaruh penggunaan penggunaan media pembelajaran berbasis Gamifikasi ular tangga dalam meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran SKI materi Gaya dan kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz yang dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai N-gain dan uji T menggunakan SPSS26 bahwa nilai N-gain skor (0.7090) dan N-gain persen (70.9046) dan nilai uji T diketahui sig (0,000) < 0,05.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Gamifikasi, Ular Tangga, Minat Belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 900 Sejarah dan Geografi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh. Kholilur Rohman |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:29 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN2109028601 Thesis advisor Nisa, Ida Fauziatun NIDN2124129001 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5740 |