PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FIGMA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI KHITBAH DALAM PERNIKAHAN KELAS Xl DI MA DARUL ULUM PASINAN BAURENO

ANISSYAH, SITI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FIGMA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI KHITBAH DALAM PERNIKAHAN KELAS Xl DI MA DARUL ULUM PASINAN BAURENO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Siti Anissyah, Hamidatun Nihayah, M.Th.I., Zaini Miftah, MA
Kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran fikih terutama pada materi khitbah dalam pernikahan di MA Darul Ulum Pasinan belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi atau aplikasi. Media pembelajaran yang digunakan selama ini terbatas pada penggunaan buku ajar yang telah tersedia. Sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang interaktif, sehingga dibutuhkan media interaktif berbasis teknologi atau aplikasi yang dapat menumbuhkan keaktifan dan minat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah e-modul untuk mengidentifikasi pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Researsh and Development (R&D) dengan menggunakan model (ADDIE) analysis, Design, Developent, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba lapangan. Validasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba lapangan dilakukan untuk mendapatkan data dari peserta didik mengenai kemenarikan dan kelayakan produk.
Proses pengembangan e-modul berbasis aplikasi figma pada mata pelajaran fikih materi khitbah dalam pernikahan adalah melakukan pengembangan dengan model ADDIE. Pertama, peneliti melakukan analisis terhadap permasalahan yang ada di MA Darul Ulum Pasinan berupa analisis kebutuhan dan analisis materi. Kedua, peneliti melakukan perancangan media yang akan dibuat. Ketiga, peneliti membuat media berdasarkan rancangan yang dibuat sebelumnya kemudian menguji validitas media kepada ahli materi dan ahli media. Keempat, peneliti mengimplementasikan produk atau media untuk melihat respon peserta didik. Kelima, peneliti melakukan evaluasi atau revisi akhir terhadap produk media yang dikembangkan.
Hasil pengembangan e-modul berbasis aplikasi figma pada mata pelajaran fikih materi khitbah dalam pernikahan dapat diketahui berdasarkan hasil uji validitas yang diperoleh dari perhitungan ahli media dengan informasi sangat relevan sebesar 85% dengan keterangan sangat layak, ahli materi dengan informasi sangat relevan sebesar 87,5% dengan keterangan sangat layak, serta respon uji coba peserta didik skla kecil dengan informasi sangat relevan sebesar 88% dengan keterangan sangat layak, serta uji coba skla besar dengan informasi sangat relevan sebesar 86% dengan keterangan sangat layak, oleh karena itu e-modul berbasis aplikasi figma ini sangat layak digunakan pendidik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Figma, Khitbah dalam Pernikahan
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Anissyah
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:24
Last Modified: 14 Aug 2024 07:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2124028403
UNSPECIFIED
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item
View Item