URGENSI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS XI DI MA TARBIYATUL ISLAM SOKO

MUSLIM, YOGA ARI (2024) URGENSI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS XI DI MA TARBIYATUL ISLAM SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi digital harus diiringi dengan kemampuan literasi digital. Ini merupakan syarat mutlak yang tidak dapat diindahkan. Gerakan Literasi Sekolah dalam Permendikbuk Nomer 13 tahun 2015, salah satu tujuannya adalah untuk merespon hal tersebut. Apalagi kecakapan abad 21 menuntut keterampilan literasi digital sebagai salah satu pondasi literasi.tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui (1) bagaimana konsep literasi digital di MA Tarbiyatul Islam Soko (2) bagaimana pelaksanaan literasi digital dalam pembelajaran SKI kelas XI di MA Tarbiyatul Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di lakukan di Madrasah Tarbiyatul Islam Soko Tuban. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedang untuk analisis data di lakukan dengan menggunakan model Miles Huberman yang mencangkup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui Teknik trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) konsep literasi digital di MA Tarbiyatul Islam Soko adalah menggunakan model blended learning, yang memadukan pembelajaran tatap muka dan online dalam waktu bersamaan dan menggunakan internet sebagai penunjang keberhasilan proses belajar mengajar. (2) Pelaksanaan literasi digital dalam pembelajaran SKI kelas XI di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islam dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dari hasil perencanaan di MA Tarbiyatul Islam Soko sudah dilakukan dengan baik seperti menyiapkan RPP dan media pembelajaran. Selanjutnya tahap pelaksanaan literasi digital pada pembelajaran SKI sudah terlaksana dengan baik. Tahao akhir evaluasi. Pada tahap ini evaluasi dilakukan dengan cara memberikan soal harian, mingguan, PTS dan PAS kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: YOGA ARI MUSLIM
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:52
Last Modified: 08 Aug 2024 01:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2124028403
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item
View Item