KHOIRIYAH, HIMATUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FIKIH MATERI ZAKAT MAL FASE-E MENGGUNAKAN APLIKASI ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (340kB)
AWALAN.pdf
Download (951kB)
BAB I.pdf
Download (516kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (374kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (433kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Seiring kemajuan teknologi pada saat ini, di dalam dunia pendidikan pendidik dituntut untuk berinovasi dan menerapkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran. Harapannya agar lebih bervariasi dan tidak membosankan. Masih ditemukan pembelajaran saat ini masih menggunakan bahan ajar buku cetak saja. Hal ini yang akan memicu siswa bosan dan tidak tertarik dengan pembelajaran. Pada saat ini peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang interaktif yang dilengkapi dengan fitur video, ilustrasi, dan audio. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Fikih materi Zakat Mal fase-e menggunakan aplikasi Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR) yang didalamnya terdapat fitur 3 dimensi. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa hasil uji validasi oleh ahli materi PAI dan ahli media, uji lapangan oleh Guru Fikih dan peserta didik. Hasil uji validasi oleh ahli materi PAI dari aspek materi mendapatkan skor rata-rata 95,45%, uji validasi ahli media dari aspek desain mendapatkan skor rata-rata 88,63%, hasil uji coba lapangan hasil penilaian dari Guru Fikih pada aspek kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 95,83%, uji coba lapangan dari peserta didik pada aspek kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 91,85%. Aspek keterbacaan diperoleh dari ahli materi PAI, ahli media, Guru Fikih, dan peserta didik. Ahli materi PAI pada aspek keterbacaan mendapatkan skor rata-rata 92,85%, dari ahli media aspek keterbacaan mendapatkan skor rata-rata 85,71%, dari Guru Fikih aspek keterbacaan mendapatkan skor rata-rata 100%, dari peserta didik aspek keterbacaan mendapatkan skor rata-rata 94,31%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Zakat Mal menggunakan aplikasi Assemblr Edu berbasis Augmented Reality (AR) mendapatkan kualifikasi sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Assemblr Edu, Augmented Reality (AR) |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | HIMATUL KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 05:51 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 05:51 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANISAH, GIATI NIDN2104079104 Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5663 |