PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 RENGEL

Firmandani, Alvina Dyah Ayu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 RENGEL. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana memperlancar proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran inkuiri berbasis multirepresentasi, agar diperoleh hasil yang efektif. Penyajian materi yang monoton dan tanpa adanya media dalam pembelajaran PAI membuat siswa lebih cepat jenuh didalam kelas. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Multirepresentasi Untuk melatih Keterampilan Berpikir Ktitis siswa materi PAI Di SMA Negeri 1 Rengel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X D dan kelas X F masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data statistik uji hipotesis menunjukkan bahwa, kelas eksperimen pre-test t hitung>t tabel=2.295>1.701 sedangkan kelas eksperimen post-test pada nilai t hitung>t tabel=6.050>1.701 dan kelas kontrol 6,007>1.701. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih tinggi nilai kelas eksperimen dari pada kelas kontrol dan lebih berpengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis multirepresentasi terhadap keterampilan berpikir kritis, kelas eksperimen dari pada kelas kontrol. Artinya model pembelajaran inkuiri berbasis multirepresentasi pada kelas eksperimen cukup efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Inkuiri, Multirepresentasi, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alvina Dyah Ayu Firmandani
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:02
Last Modified: 05 Aug 2024 08:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
NIDN0731127601
Thesis advisor
Rohmawati, Ulva Badi'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5637

Actions (login required)

View Item
View Item