Firmandani, Alvina Dyah Ayu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 RENGEL. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (571kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (906kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (916kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (547kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (555kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana memperlancar proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran inkuiri berbasis multirepresentasi, agar diperoleh hasil yang efektif. Penyajian materi yang monoton dan tanpa adanya media dalam pembelajaran PAI membuat siswa lebih cepat jenuh didalam kelas. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Multirepresentasi Untuk melatih Keterampilan Berpikir Ktitis siswa materi PAI Di SMA Negeri 1 Rengel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X D dan kelas X F masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data statistik uji hipotesis menunjukkan bahwa, kelas eksperimen pre-test t hitung>t tabel=2.295>1.701 sedangkan kelas eksperimen post-test pada nilai t hitung>t tabel=6.050>1.701 dan kelas kontrol 6,007>1.701. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih tinggi nilai kelas eksperimen dari pada kelas kontrol dan lebih berpengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis multirepresentasi terhadap keterampilan berpikir kritis, kelas eksperimen dari pada kelas kontrol. Artinya model pembelajaran inkuiri berbasis multirepresentasi pada kelas eksperimen cukup efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Inkuiri, Multirepresentasi, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alvina Dyah Ayu Firmandani |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 08:02 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana NIDN0731127601 Thesis advisor Rohmawati, Ulva Badi' NIDN2108088801 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5637 |