ISROVA, WAYU (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X MA ABU DARRIN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER (1).pdf
Download (151kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I (1).pdf
Download (670kB)
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only
Download (980kB) | Request a copy
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (724kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (800kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (531kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (653kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran yang efektif dapat mencapai hasil yang optimal, namun pelajaran pendidikan agama Islam sering dianggap membosankan dan kurang diprioritaskan. Penyebabnya termasuk kurangnya penekanan pada adab dan sifat ketuhanan, metode pengajaran yang monoton, serta pemahaman materi yang terbatas oleh pendidik. Di MA Abu Darrin, metode pengajaran Al-Qur'an Hadits menggunakan diskusi, ceramah, dan media seperti televisi android serta papan tulis. Evaluasi menunjukkan beberapa siswa bosan, tidak fokus, dan memiliki kemampuan kognitif rendah, terlihat dari hasil tugas yang di bawah standar kelulusan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X), yaitu media pembelajaran website Educandy dan variabel terikat (Y), yaitu hasil belajar peserta didik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 di MA Abu Darrin yang berjumlah 37 siswi. Teknik pengumpulan datanya adalah , observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji paired sample t-test. Implementasi media pembelajaran Educandy di kelas X.1 MA Abu Darrin secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Al-Qur’an Hadits. Feedback positif dari siswa menunjukkan bahwa media ini efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang lebih mudah dipahami. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata post-test yang meningkat dari 66,76 menjadi 83,65 setelah menggunakan Educandy. Uji hipotesis statistik dengan paired samples t-test menegaskan bahwa perbedaan ini signifikan secara statistik (t_hitung 23,861 > t_tabel 2,02809, nilai sig 0,001 < 0,05). Dengan demikian, penggunaan Educandy terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas X MA Abu Darrin. Kata kunci : Media Pembelajaran, Educandy, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Educandy, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | wayu isrova |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 05:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 05:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SHOFIYUDDIN, AHMAD NIDN2115058905 Thesis advisor ISROANI, FARIDA NIDN0710028903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5632 |