PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X MA ABU DARRIN

ISROVA, WAYU (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X MA ABU DARRIN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER (1).pdf] Text
COVER (1).pdf

Download (151kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I (1).pdf] Text
BAB I (1).pdf

Download (670kB)
[thumbnail of BAB II (2).pdf] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III (1).pdf] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang efektif dapat mencapai hasil yang optimal, namun pelajaran pendidikan agama Islam sering dianggap membosankan dan kurang diprioritaskan. Penyebabnya termasuk kurangnya penekanan pada adab dan sifat ketuhanan, metode pengajaran yang monoton, serta pemahaman materi yang terbatas oleh pendidik. Di MA Abu Darrin, metode pengajaran Al-Qur'an Hadits menggunakan diskusi, ceramah, dan media seperti televisi android serta papan tulis. Evaluasi menunjukkan beberapa siswa bosan, tidak fokus, dan memiliki kemampuan kognitif rendah, terlihat dari hasil tugas yang di bawah standar kelulusan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X), yaitu media pembelajaran website Educandy dan variabel terikat (Y), yaitu hasil belajar peserta didik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 di MA Abu Darrin yang berjumlah 37 siswi. Teknik pengumpulan datanya adalah , observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji paired sample t-test. Implementasi media pembelajaran Educandy di kelas X.1 MA Abu Darrin secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Al-Qur’an Hadits. Feedback positif dari siswa menunjukkan bahwa media ini efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang lebih mudah dipahami. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata post-test yang meningkat dari 66,76 menjadi 83,65 setelah menggunakan Educandy. Uji hipotesis statistik dengan paired samples t-test menegaskan bahwa perbedaan ini signifikan secara statistik (t_hitung 23,861 > t_tabel 2,02809, nilai sig 0,001 < 0,05). Dengan demikian, penggunaan Educandy terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas X MA Abu Darrin. Kata kunci : Media Pembelajaran, Educandy, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Educandy, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: wayu isrova
Date Deposited: 05 Aug 2024 05:23
Last Modified: 05 Aug 2024 05:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SHOFIYUDDIN, AHMAD
NIDN2115058905
Thesis advisor
ISROANI, FARIDA
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5632

Actions (login required)

View Item
View Item