Pengembangan asesmen sumatif melalui aplikasi Liveworksheet Youtube connected pada materi Thaharah mata pelajaran Fikih Fase D untuk MTs Yaspira

Wayan Dinata, Aditama (2024) Pengembangan asesmen sumatif melalui aplikasi Liveworksheet Youtube connected pada materi Thaharah mata pelajaran Fikih Fase D untuk MTs Yaspira. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Asesmen adalah suatu kegiatan mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data atau informasi tentang peserta didik. Namun, seringkali kata asesmen menjadi momok bagi peserta didik karena asesmen terkesan membonsankan dan peserta didik cenderung menjawab secara acak karena tidak membaca soal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) memberikan inovasi atau kreasi dalam bentuk asesmen. 2) menghemat kertas saat asesemen guna menghemat biaya. 3) mengoreksi hasil jawaban peserta didik secara cepat tanpa mengeluarkan banyak waktu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE. Metode yang terdiri dari lima tahap yaitu : Analysis(analisis), design(desain), development(pengembangan), implementation(implementasi), dan evaluation(evaluasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aspek validitas memperoleh rata-rata 97,5%, dalam aspek ini asesmen tergolong sangat layak. 2) Dalam aspek reliabilitas memperoleh 0,70 dan 0,74 untuk person reliability dan item reliability, aspek reliabilitas tergolong cukup. Sedangkan alpacronbach mendapat 0,72 sehingga dalam aspek ini mendapat kategori bagus dan layak untuk digunakan asesmen. 3) Dalam aspek kepraktisan asesmen ini memproleh rata-rata 90,3% pada aspek ini juga tergolong sangat layak. 4) Aspek keterbacaan dalam asesemen ini memperoleh 95,4% pada aspek ini tergolong sangat layak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Asesmen sumatif, Liveworksheet, materi Thaharah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aditama Wayan Dinata
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:49
Last Modified: 05 Aug 2024 02:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Abi Aufa, Ari
NIDN2107057802
Thesis advisor
Anisah, Giati
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item
View Item