PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINIATUR 3D PADA MAPEL FIKIH MATERI HAJI DAN UMRAH DI KELAS VIII MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO TUBAN

ERSALIA, VIFIYANTI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINIATUR 3D PADA MAPEL FIKIH MATERI HAJI DAN UMRAH DI KELAS VIII MTS TARBIYATUL ISLAM SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy

Abstract

Inovasi pembelajaran dalam pendidikan sangat penting dilakukan, salah satunya dengan melakukan pengembangan media pembelajaran. Ketika media pembelajaran tidak dikembangkan, maka proses pembelajaran cenderung menjadi monoton dan membosankan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan berupa miniatur tiga dimensi pada materi Haji dan Umrah dengan subjek penelitian 26 peserta didik di kelas VIII-A MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) model 4D dengan tahapan define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian ini, analisis data yang digunakan terdiri dari analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket validasi dengan empat validator yang terdiri dari validator ahli media, validator ahli materi, respon pendidik, serta respon peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan skala likert.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil antara lain sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa miniatur tiga dimensi pada mapel Fikih materi Haji dan Umrah. Produk yang dibuat meliputi miniatur Masjidil Haram, Ka’bah, Hijr Ismail, Makam Ibrahim, Jabal Rahmah, dan objek pelengkap lainnya yang kemudian dikemas di dalam sebuah koper. (2) Kelayakan miniatur tiga dimensi pada mapel Fikih materi Haji dan Umrah didapatkan dari hasil uji validasi produk miniatur yang dikembangkan dan memperoleh total skor yang berasal dari penjumlahan rata-rata seluruh aspek yaitu sebesar 88,75% dengan kategori “Sangat Valid” dan “Sangat Layak” untuk diimplementasikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis miniatur 3D pada mapel Fikih materi Haji dan Umrah di Kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban teruji kevalidan dan kelayakannya sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Miniatur Tiga Dimensi, Fikih, Haji dan Umrah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Miniatur Tiga Dimensi, Fikih, Haji dan Umrah.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ERSALIA VIFIYANTI
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:51
Last Modified: 05 Aug 2024 02:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2124028403
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5596

Actions (login required)

View Item
View Item