SARI, SUCI NOVIA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS WIZER.ME PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI ZAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (346kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (434kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (456kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (949kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (325kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (397kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi telah berevolusi pada industri 4.0, banyak terjadi perubahan disemua hal kehidupan manusia. Proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Kedungadem diketahui bahwa pola pembelajaran yang diterapkan di kelas didominasi oleh pemberian tugas tertentu, penggunaan bahan ajar di kelas masih terbatas, yang mana guru hanya memanfaatkan LKPD yang berasal dari buku pegangan pendidik dan peserta didik saja, sehingga pembelajaran kurang interaktif dan terkesan monoton terlebih bentuk penyajian soal di dalam LKPD kurang bervariasi. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang maksimal dan mampu untuk memberikan secara lebih terhadap kompetensi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekeri khususnya pada bab zakat melalui teknologi E-LKPD berbasis Wizer.me. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas E-LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas untuk mengetahui valid tidaknya instrumen, uji normalitas untuk mengetahui bahwa data yang digunakan normal, uji reliabilitas untuk mengetahui data yang digunakan reliabel, dan uji hipotesis untuk mengetahui efektif atau tidaknya media E-LKPD yang dikembangkan. Hasil pengembangan E-LKPD yang pertama analisis yaitu analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum, dan analisis karakteristik. Kedua, desain pada tahap ini dilakukan perancangan media E-LKPD dengan website Wizer.me. Ketiga, pengembangan pada tahap ini dilakukan pembuatan media E-LKPD berbasis Wizer.me, dilanjut dengan validasi terhadap ahli media dan ahli materi. Ke empat, implementasi dilakukan uji coba terhadap peserta didik. Terakhir, evaluasi yaitu perbaikan pada media E-LKPD sesuai saran dan kritik dari validator. Uji prasyarat diantaranya yaitu uji normalitas memperoleh nilai 0,022 yang berdistribusi normal, uji reliabilitas memperoleh hasil 97,26 atau 0,9726 yang tergolong reliabel. Terakhir, uji-t dengan hasil t hitung dan t tabel (1,887 < 2.04523) yang berarti E-LKPD berbasis Wizer.me efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-LKPD, Wizer.me, Berpikir kritis |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Suci Novia Sari |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 01:58 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 01:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su'udin NIDN2121128602 Thesis advisor Wulandari, Pramesti NIDN0731129501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5594 |