IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MEMENUHI KETERCAPAIAN TUJUAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS XI MA DARUSSALAM KEDUNGREJO SUMBERREJO

SHOLIHAH, NUR ALFI NI'MATUS (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MEMENUHI KETERCAPAIAN TUJUAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS XI MA DARUSSALAM KEDUNGREJO SUMBERREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER .pdf] Text
COVER .pdf

Download (761kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah upaya terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik agar mandiri dan bertanggung jawab. Pendidikan yang efektif dan berkelanjutan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kecerdasan bangsa. Tujuan pendidikan melliputi perubahan tingkah laku, sikap, dan pemahaman siswa melalui pembelajaran yang ideal. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan sistem pendidikan yang kuat dan reformasi, dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan pembelajaran yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif, serta mampu mengembangkan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana implementasi dan hasil implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat saat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran aklidah akhlak kelas XI MA Darussalam Kedungrejo Sumberrejo.
Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melaui metode obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan peneliti diambil dari siswa kelas XI, guru mata pelajaran akidah akhlak, wali kelas XI , dan kepala sekolah MA Darussaam Kedungrejo Sumberrejo. Untuk menganaisis data mengunakan teori Miles Huberman yaitu reduksi data, dispalay data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation meningkatkan partisipasi aktif siswa, pemahaman materi, motivasi, kepercayaan diri, serta keterampilan sosial dan akademik. Prestasi akademik siswa juga mengalami peningkatan. Faktor pendukung meliputi kondisi fisik siswa yang sehat, sarana dan prasarana yang memadahi, serta dukungan dari guru dan kepala sekolah. Hambatan utama adalah keterbatasan waktu yang harus disesuaikan dengan kurikulum. Secara keseluruhan, model ini efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan kolaboratif.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Tipe group investigation, Tujuan belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Alfi Ni'matus Sholihah
Date Deposited: 03 Aug 2024 08:23
Last Modified: 03 Aug 2024 08:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
HABIBULLAH, M. ROMADLON
NIDN2109058801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5591

Actions (login required)

View Item
View Item