PENERAPAN KONSEP TAZKIYAT AL-NAFS MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ALY BOJONEGORO

FIKKRI, AHMAD DIANUL (2024) PENERAPAN KONSEP TAZKIYAT AL-NAFS MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ALY BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konsep tazkiyat al-nafs menurut Imam Al-Ghazali Dalam Penanaman Pendidikan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Modern Al-Aly Bojonegoro. Tazkiyat Al-Nafs, yang berarti penyucian jiwa dari sifat-sifat negatif dengan tujuan pengembangan karakter positif santri melalui kurikulum yang berbasis akhlak, teladan dari guru, program muhasabah, mujahadah dan riyadhoh, serta kegiatan ekstrakurikuler. Dalam penelitian ini, dijelaskan bagaimana Pondok Pesantren Modern Al-Aly Bojonegoro mengintegrasikan konsep ini ke dalam kurikulum dan program pembinaan akhlaknya.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan yang berfokus pada konteks dan individu secara menyeluruh (holistik). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep tazkiyat al-nafs menurut Imam al-Ghazali di pondok pesantren ini melalui beberapa tahapan penting, yaitu muhasabah (introspeksi), mujahadah (perjuangan melawan hawa nafsu), dan riyadah (latihan spiritual).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan konsep tazkiyat al-nafs menurut Imam Al-Ghazali di Pondok Pesantren Modern Al-Aly Bojonegoro efektif dalam menanamkan pendidikan akhlak pada santri, meskipun terdapat tantangan yang perlu diatasi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Tazkiyat Al-Nafs, Imam Al-Ghazali, Pendidikan Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD DIANUL FIKKRI
Date Deposited: 03 Aug 2024 03:03
Last Modified: 03 Aug 2024 03:03
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IZZA, YOGI PRANA
NIDN0731127601
Thesis advisor
ANWAR, SAEFUL
NIDN02115118902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item
View Item