SHOLIKIN, M (2024) IMPLEMENTASI NILAI–NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 1 BOJONEGORO DAN SMPN 7 BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER.pdf
Download (866kB)
2. AWALAN.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (1MB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (759kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
8. BAB VI.pdf
Download (1MB)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (961kB)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dari sistem pendidikan di banyak negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Sebagaimana dalam profil pelajar Pancasila, pelajar Indonesia adalah pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai–nilai Pancasila. Beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) apa nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dilakukan di SMPN 1 Bojonegoro dan SMPN 7 Bojonegoro?, (2) bagaimana implementasi yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk profil pelajar pancasila di SMP Negeri 1 Bojonegoro dan SMP Negeri 7 Bojonegoro? (3) mengapa implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam di SMPN 1 Bojonegoro dan SMPN 7 Bojonegoro memerlukan perhatian yang serius.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menganalisa berdasarkan kasus yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bojonegoro ditunjukkan dengan kegiatan misalnya Shalat berjama’ah, doa bersama sebelum memulai pelajaran, serta membaca Al-Qur’an 15 menit sebelum pelajaran. Sementara pada SMP Negeri 7 Bojonegoro nilai-nilai pendidikan agama Islam ditunjukkan dengan kegiatan penanaman nilai kerukunan antar umat beragama, di dukung dengan adanya nilai-nilai pendidikan agama Islam dengan pembacaan Asma’ul husna setiap pagi. Implementasi yang dilakukan oleh guru terkait nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk profil pelajar
pancasila (P5) adalah dengan beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreativ. Salah satu bentuk penerapan profil pelajar pancasila (P5) di SMP Negeri 1 yaitu kegiatan pembuatan pupuk, sementara pada SMP Negeri 7 dalam bentuk kegiatan budidaya jamur tiram, pentingnya implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam sangat penting untuk membentuk karakter siswa yang religius, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam hal ini sangat penting tidak hanya dalam konteks pendidikan tetapi juga dalam membentuk masyarakat yang toleran dan damai.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Sholikin |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:05 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri NIDN2110027101 Thesis advisor Aufa, Ari Abi NIDN2107057802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5535 |