IMPLEMENTASI NILAI–NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 1 BOJONEGORO DAN SMPN 7 BOJONEGORO

SHOLIKIN, M (2024) IMPLEMENTASI NILAI–NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 1 BOJONEGORO DAN SMPN 7 BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dari sistem pendidikan di banyak negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Sebagaimana dalam profil pelajar Pancasila, pelajar Indonesia adalah pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai–nilai Pancasila. Beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) apa nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dilakukan di SMPN 1 Bojonegoro dan SMPN 7 Bojonegoro?, (2) bagaimana implementasi yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk profil pelajar pancasila di SMP Negeri 1 Bojonegoro dan SMP Negeri 7 Bojonegoro? (3) mengapa implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam di SMPN 1 Bojonegoro dan SMPN 7 Bojonegoro memerlukan perhatian yang serius.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menganalisa berdasarkan kasus yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bojonegoro ditunjukkan dengan kegiatan misalnya Shalat berjama’ah, doa bersama sebelum memulai pelajaran, serta membaca Al-Qur’an 15 menit sebelum pelajaran. Sementara pada SMP Negeri 7 Bojonegoro nilai-nilai pendidikan agama Islam ditunjukkan dengan kegiatan penanaman nilai kerukunan antar umat beragama, di dukung dengan adanya nilai-nilai pendidikan agama Islam dengan pembacaan Asma’ul husna setiap pagi. Implementasi yang dilakukan oleh guru terkait nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk profil pelajar
pancasila (P5) adalah dengan beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreativ. Salah satu bentuk penerapan profil pelajar pancasila (P5) di SMP Negeri 1 yaitu kegiatan pembuatan pupuk, sementara pada SMP Negeri 7 dalam bentuk kegiatan budidaya jamur tiram, pentingnya implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam sangat penting untuk membentuk karakter siswa yang religius, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam hal ini sangat penting tidak hanya dalam konteks pendidikan tetapi juga dalam membentuk masyarakat yang toleran dan damai.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Sholikin
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:05
Last Modified: 15 Aug 2024 03:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
NIDN2110027101
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
NIDN2107057802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5535

Actions (login required)

View Item
View Item