PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

Irawan, Setyo (2021) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran matematika terkusus pemahaman konsep matematika. Sehingga memberikan pengaruh besar dalam pembelajaran matematika untuk tidak menggunakan model pembelajaran dengan metode ceramah terhadap peserta didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di MTs Sunan Drajat Geger Kedungadem Bojonegoro pada kelas VIII dengan jumlah peserta didik sebanyak 39. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Terdapat perbedaam rata-rata pada nilai hasil pretest dan posttest tes pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII MTs Sunan Drajat Geger Kedungadem Bojonegoro. (2) Terdapat peningkatan nilai rata-rata dari sebelum diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dengan setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya sebesar 36,69. (3) Terdapat perbedaan harga t setelah dilakukan uji t dengan paired t-test, hal ini dibuktikan dengan harga thitung sebesar 37,43878 dan ttbable sebesar 2,02439 pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Matematika, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:45
Last Modified: 06 Apr 2022 06:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ilmiyah, Nurul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item
View Item