ZUHRIYAH, AMINATUS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MIND MAPPING DENGAN FITUR HYPERLINK BERBSIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER.pdf
Download (270kB)
2. AWALAN.pdf
Download (980kB)
3. BAB I.pdf
Download (401kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (696kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (263kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (387kB)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dunia digital yang semakin berkembang, pendidikan memerlukan terobosan yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu solusi yang menarik adalah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif menggunakan teknik mind mapping dengan fitur hyperlink , yang diimplementasikan melalui aplikasi Canva, dalam konteks mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan memanfaatkan fitur hyperlink dalam mind mapping, siswa dapat dengan mudah mengakses konten-konten terkait yang mendalam, seperti ayat-ayat Al-Quran dan materi tentang indahnya beragama secara moderat secara langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Four-D (4D. Lokasi penelitian di SMPN 4 Bojonegoro dan waktu penelitian 2 bulan. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran PAI kelas 8, dan siswa kelas 8 D. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket hasil latihan siswa. Teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil validasi ahli materi menunjukan presentase sebesar 83,3% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli desain menunjukkan presentase sebesar 95,8% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi kelayakan keterbacaan menunjukkan presentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi kelayakan kepraktisan menunjukkan presentase sebesar 90,8% dengan kategori sangat layak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif mind mapping dengan fitur hyperlink berbasis aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat layak baik dari segi baik dari segi materi, desain, keterbacaan, maupun kepraktisan. Semoga penelitian pengembangan ini dapat memberikan kontribusi yang berkelanjutan untuk perbaikan pendidikan melalui produk media pembelajaran interaktifnya, berkat pendekatan ilmiah dan komitmennya terhadap prinsip-prinsip inovasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi canva, fitur hyperlink, media interaktif, pembelajaran, pendidikan agama islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AMINATUS ZUHRIYAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANISAH, GIATI NIDN2104079104 Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH NIDN0701089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5518 |