IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MTS NEGERI 1 TUBAN DAN MAN 1 BOJONEGORO

SADIG, SADIG (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MTS NEGERI 1 TUBAN DAN MAN 1 BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER PDF.pdf] Text
COVER PDF.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of AWALAN PDF.pdf] Text
AWALAN PDF.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1 PDF.pdf] Text
BAB 1 PDF.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of BAB 2 PDF.pdf] Text
BAB 2 PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3 PDF.pdf] Text
BAB 3 PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4 PDF.pdf] Text
BAB 4 PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5 PDF.pdf] Text
BAB 5 PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6 PDF.pdf] Text
BAB 6 PDF.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of LAMPIRAN PDF.pdf] Text
LAMPIRAN PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan implementasi Program Madrasah Ramah Anak Berbasis Kearifan Lokal Di MTs Negeri 1 Tuban Dan MAN 1 Bojonegoro, dengan fokus penelitian: Bagaimana Konsep Program Pendidikan Ramah Anak yang berbasis Kearifan Lokal di MTs 1 Tuban dan MAN 1 Bojonegoro? 2. Bagaimana Implementasi program Pendidikan Ramah Anak yang berbasis Kearifan Lokal di MTs 1 Tuban dan MAN 1 Bojonegoro? Penelitian ini pada guru dan siswa MTs 1 Tuban dan MAN 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data hermeneutik yaitu memberikan interpretasi sesuai konteks yang sedang berlangsung, diawali dengan reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan temuan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta ketekunan pengamatan. Berdasarkan hasil pengamatan dan temuan data maka peneliti menemukan data sebagai berikut : 1) Program Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) di MTs Negeri 1 Tuban dan MAN 1 Bojonegoro mengintegrasikan kearifan lokal sebagai pendukung program SRA. Kearifan lokal yang terdapat di madrasah menjadi satu kesatuan dengan program SRA dan menjadi sarana dalam pengembangan minat, bakat dan karakter di MTs Negeri 1 Tuban dan MAN 1 Bojonegoro. 2) Program SRA di MTs Negeri 1 Tuban dan MAN 1 Bojonegoro diimplementasikan dengan mengintegrasikan kearifan lokal yang meliputi semua kebijakan, pelaksanaan kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, partisipasi anak dan orang tua yang dirancang untuk penerapan sekolah ramah anak di MTs Negeri 1 Tuban dan MAN 1 Bojonegoro. Program SRA telah dilaksanakan dengan sangat baik sesuai dengan indicator ketercapaian SRA yang tercantum dalam panduan SRA dan sesuai dengan regulasi permen PPPA nomer 8 tahun 2014 dan sesuai dengan rapat kerja kepala madrasah guru dan komite di MTs Negeri 1 Tuban dan MAN 1 Bojonegoro. Program SRA diwujudkan melalui program pembiasaan berbasis kearifan lokal, program kantin sehat, program kantin kejujuran, program literasi, program madrasah bebas rokok dan napza, program madrasah aman bencana, UKS, dan program madrasah anti kekerasan. kegiatan pembiasaan, kegiatan keteladanan, kegiatan nasionalisme dan patriotisme, dan kegiatan pengembangan potensi dan ekspresi diri

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sadig Sadig
Date Deposited: 05 Jun 2024 09:06
Last Modified: 10 Jun 2024 07:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
NIDN2110027101
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
NIDN2109028601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5427

Actions (login required)

View Item
View Item