Rahmita, Diah (2021) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN ARABIC MORNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) UNGGULAN AL FALAH PACUL BOJONEGORO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (544kB)
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (652kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (656kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (680kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (528kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab melalui kegiatan Arabic Morning adalah suatu upaya pendidik terhadap peserta didik dalam interaksi belajar bahasa Arab supaya siswa dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien. Karena mayoritas siswa SMP Unggulan Al Falah adalah lulusan sekolah dasar (SD) sehingga belum tentu mengenal bahasa Arab. Untuk mempermudah siswa mempelajari dan memahami bahasa Arab maka perlu adanya sebuah metode yang digunakan dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena sukses tidaknya pembelajaran tergantung metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pembelajaran bahasa Arab yang ada di SMP Unggulan Al Falah. Dengan sub fokus mencakup definisi, faktor pendukung dan penghambat kegiatan Arabic Morning, serta upaya untuk mengatasi hambatan pembelajaran bahasa Arab melalui kegiatan Arabic Morning di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Unggulan Al Falah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimanakah pembelajaran bahasa Arab melalui kegiatan Arabic Morning. Dimana peneliti mendapatkan data penelitian dengan cara langsung mendatangi SMP Unggulan Al Falah Pacul Bojonegoro sebagai tempat penelitian. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk menggali data pada penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah guru mapel bahasa Arab di SMP Unggulan Al Falah. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi data. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab perlu adanya metode yang menyenangkan. Agar pembelajaran tidak membosankan, seorang guru perlu memilih metode yang hendak dugunakan dalam proses pembelajaran. Di SMP Unggulan Al Falah Pacul Bojonegoro dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi dimana seorang guru menyampaikan mufrodat dengan sebuah lagu atau nyanyian.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran bahasa Arab, kegiatan Arabic Morning |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 04:10 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 14:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma'arif, M. Jauharul UNSPECIFIED Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/526 |