PENGARUH PENERAPAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) TEMAYANG BOJONEGORO

Pratanto, Ega Wahyu (2020) PENGARUH PENERAPAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) TEMAYANG BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Full day school adalah sekolah sepanjang hari atau proses belajar mengajar yang diberlakukan dari pagi hari sampai sore hari, mulai pukul 06.45-15.30. Sedangkan kecerdasan spiritual sendiri adalah kemampuan jiwa yang dimiliki seseorang untuk membangun dirinya secara utuh melalui berbagai kegiatan positif sehingga mampu menyelesaikan segala persoalan dengan melihat makna yang terkandung didalamnya. Dengan penerapan full day school guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat memberikan konstribusi untuk meningkatkan mutu kecerdasan spiritual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan full day school terhadap kecerdasan spiritual siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Temayang Bojonegoro, dengan sub fokus mencakup: 1) Konsep penerapan full day school. 2) Kecerdasan spiritual. 3) Pengaruh penerapan full day school dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Temayang Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) metode observasi 2) wawancara (interview) 3) koesioner (angket) 4) dokumentasi. Teknik analisis data yaitu teknik korelasi product moment, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa full day school memiliki pengaruh yang baik terhadap kecerdasan spiritual siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Temayang Bojonegoro. Hal ini terbukti dengan pengisian angket full day school dan angket kecerdasan spiritual yang dihasilkan dari 29 responden. Dan untuk mengetahui pengaruh full day school terhadap kecerdasan spiritual siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Temayang Bojonegoro dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistic product moment. Dalam hasil rumusan product moment dapat diketahui bahwa nilai rₒ sebesar 0,583.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Full day school, Kecerdasan spiritual
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 31 Mar 2022 09:38
Last Modified: 31 Mar 2022 09:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item
View Item