KOTIMAH, DWI KUSNUL (2020) PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (162kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (464kB)
BAB 1.pdf
Download (368kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (223kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (440kB) | Request a copy
Abstract
Peran guru dalam mengembangkan dunia pendidikan sangat penting terutama peran guru akidah akhlak guru memiliki peran penting dalam pendidikan karena guru memiliki tanggung jawab untuk mendidik peserta didik agar dapat memberikan pengetahuan sekaligus membentuk akhlak yang baik pada diri peserta didik, oleh sebab itu peran guru akidah akhlak sangat di butuhkan dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa madrasah aliyah negeri (MAN) 4 Bojonegoro. Pendekan dan jenis penelitian yang dipakai ini adalah metode kualitatif, yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran akidah akhlak, siswa-siswi, kepala sekolah, waka kurikulum. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: kecerdasan emosional siswa madrasah aliyah negeri (MAN) 4 bojonegoro yang peneliti emui bisa di katan baik siswa memiliki kesadaran diri, elastisitas, emosional, memotivasi, sensitivitas, pengaruh yang baik, tanggap, tanggung jawab. Peran guru akidah akhlak dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa meliputi pembinaan kemampuan mengendalikan diri,kemampuan berempati, kemampuan memotivasi diri,dan ketrampilan siswa dalam bersosialisasi. Kendala yang dihadapi dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa adalah terbatasnya waktu pertemuan, dan pengaruh lingkungan luar terterbawa kesekolah, Solusi yang diambil adalah Sedangkan solusi yang di ambil adalah membuat kelompok belajar (diskusi).
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Akidah Ahlak, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 05:27 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 05:27 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma’arif, M. Jauharul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/511 |