PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 BOJONEGORO

KOTIMAH, DWI KUSNUL (2020) PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy

Abstract

Peran guru dalam mengembangkan dunia pendidikan sangat penting terutama peran guru akidah akhlak guru memiliki peran penting dalam pendidikan karena guru memiliki tanggung jawab untuk mendidik peserta didik agar dapat memberikan pengetahuan sekaligus membentuk akhlak yang baik pada diri peserta didik, oleh sebab itu peran guru akidah akhlak sangat di butuhkan dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa madrasah aliyah negeri (MAN) 4 Bojonegoro. Pendekan dan jenis penelitian yang dipakai ini adalah metode kualitatif, yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran akidah akhlak, siswa-siswi, kepala sekolah, waka kurikulum. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: kecerdasan emosional siswa madrasah aliyah negeri (MAN) 4 bojonegoro yang peneliti emui bisa di katan baik siswa memiliki kesadaran diri, elastisitas, emosional, memotivasi, sensitivitas, pengaruh yang baik, tanggap, tanggung jawab. Peran guru akidah akhlak dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa meliputi pembinaan kemampuan mengendalikan diri,kemampuan berempati, kemampuan memotivasi diri,dan ketrampilan siswa dalam bersosialisasi. Kendala yang dihadapi dalam pembentukan kecerdasan emosional siswa adalah terbatasnya waktu pertemuan, dan pengaruh lingkungan luar terterbawa kesekolah, Solusi yang diambil adalah Sedangkan solusi yang di ambil adalah membuat kelompok belajar (diskusi).

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Akidah Ahlak, Kecerdasan Emosional
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 31 Mar 2022 05:27
Last Modified: 31 Mar 2022 05:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma’arif, M. Jauharul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item
View Item