PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS VII MTs TARBIYATUL ULUM DESA PEKUWON KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN

ARIFIN, BUSTANUL (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS VII MTs TARBIYATUL ULUM DESA PEKUWON KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan keharusan dalam hidup dan kehidupan manusia, keberadaan pendidikan suatu kegiatan, usaha ataupun perbuatan baik yang direncanakan untuk mempengaruhi, memberi contoh, dorongan, bimbingan dan latihan kepada anak didik dalam memperoleh pengetahuan, nilai dan sikap serta keterampilan untuk mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Upaya untuk meningkatkan kualitas prestasi siswa perlu diperkenalkan metode pembelajaran cooperative learning sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk didalam struktur ini adalah lima unsur pokok, yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian kerja sama, dan proses kelompok. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-qur’an Hadits di MTs Tarbiyatul Ulum Pekuwon. (b) untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Learning together terhadap hasil belajar Al qur’an Hadits. (c) Ingin mengetahui bagaimana pemahaman dan penguasaan mata pe;ajaran Al qur’an Hadit setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Learning together. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan tehnik pengumpulan data, dengan menggunakan metode angket, dokumentasi,dan observasi. dan menggunakan tehnik analisis data yaitu teknik prosentase (%) dan teknik korelasi produck moment . dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara metode pembelajaran cooperative learning together terhadap preatasi siswa pada pelajaran Al-qur’an Hadits tentang bacaan tajwid al-qomariyah Kelas VII di MTs Tarbiyatul Ulum Pekuwon, yang mana menunjukkan pengaruh yang “ Kuat ” Hal ini terbukti dengan analisis data statistic”r” produck moment yang diperoleh sebesar 0,651 dan jika diinterprestasikan dengan standart yang diberikan , yaitu apabila besarnya rxy = 0,651 maka pengaruh tersebut tergolong “Kuat” dan jika dikonsultasikan dengan “r” produck moment pada tabel taraf signifikasi 5% diperoleh “r” tabel =0,344 sedangkan pada taraf signifikasi 1% diperoleh tabel =0,442 maka “r” pada hasil analisis lebih besar dari pada “r” produck moment dalam tabel, sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis ( Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Koopetratif tipe liarning together, Prestasi Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:42
Last Modified: 31 Mar 2022 04:43
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NISA, IDA FAUZIYATUN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item
View Item