Hikmiyah, Siti Nafisatul (2021) SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN MODERAT PESERTA DIDIK DI SMA PLUS ALFATIMAH BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
1. COVER.pdf
Download (4MB)
2. AWALAN.pdf
Download (4MB)
3. BAB I.pdf
Download (1MB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
8. BAB VI.pdf
Download (946kB)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (938kB)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40MB) | Request a copy
Abstract
Boarding school adalah lembaga pendidikan di mana para siswanya tidak hanya belajar, tetapi mereka juga bertempat tinggal dan hidup menyatu di lembaga tersebut. Karakter religius dan moderat peserta didik merupakan sikap atau tingkah laku yang taat dan patuh dalam menjalankan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan agama lain. Integritas dari sifat-sifat moderasi islam yang menetap dalam diri seseorang sehingga sifat tersebut menjadi kepribadian yang khas. Sistem Boarding school SMA Plus Al-Fatimah memiliki visi unggul dalam prestasi, berpijak pada iptek dan imtaq.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Sistem Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Religius dan Moderat Peserta Didik Di SMA Plus Al-Fatimah Bojonegoro, dengan fokus penelitian: (1) Konsep Sistem Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Religius dan Moderat Peserta Didik (2) Implimentasi Sistem Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Religius dan Moderat Peserta Didik (3) Peran Sistem Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Religius dan Moderat Peserta Didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data hermeneutik yaitu memberikan interpretasi sesuai konteks yang sedang berlangsung, diawali dengan reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala SMA Plus Al-Fatimah, kepala Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah, siswa serta beberapa guru yang telah ikut andil dalam pembentukan karakter religius dan moderat.
Hasil penelitian ini menyumbangkan teori sistem boarding school, dalam pembentukan karakter religius dan moderat yang terdiri dari: (1) Konsep sistem boarding school dalam pembentukan karakter religius dan moderat peserta didik dilakukan melalui beberapa langkah yaitu (a) Pembentukan tujuan sekolah, (b) Mengetahui kondisi dan potensi sekolah saat ini, (c) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, (d) Pembentukan program. (2) Implementasi sistem boarding school dalam pembentukan karakter religius dan moderat peserta didik dilakukan melalui: (a) Pendekatan kepada siswa, (b) Memberikan contoh dan teladan yang baik untuk para siswa, (c) Penyadaran, (d) Kegiatan pendampingan. (3) Peran sistem boarding school dalam pembentukan karakter religius dan moderat peserta didik meliputi: (a) Peran sosial untuk mendorong terbentuknya karakter religius dan moderat yang baik bisa di lakukan dengan berbagai hal mulai
dari diri sendiri seperti meningkatkan kemandirian, kedisiplinan, serta kesadaran pada peserta didik. (b) Peran keagamaan, agama mengatur segala aspek kehidupan manusia dalam bentuk perintahnya baik yang bersifat sunnah, mubah, maupun wajib. Sebagai contoh misalnya agama mendukung nilai-nilai luhur yang menyeru kepada prinsip kebaikan, seperti keadilan, kejujuran, toleransi, dan tolong menolong.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Boarding School, Karakter Religius, Moderat |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Choirotul Nikmah |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 08:03 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 01:26 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Burhanuddin, Hamam UNSPECIFIED Thesis advisor Manshur, Ahmad UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/503 |