IMRON, MOH. (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM MODERASI BERAGAMA DALAM MEWUJUDKAN PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5 DAN PPRA) DI MTs ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE DAN MTsN 2 KABUPATEN TUBAN. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (364kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (855kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (807kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (793kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Implementasi Program Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban.”
Penelitian ini akan memfokuskan pada Implementasi Program Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban. Ada 2 rumusan masalah yaitu: 1) Apa nilai-nilai moderasi beragama dalam mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban? 2) Bagaimana implementasi program moderasi beragama dalam mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban? Dan 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mewudkan Project Penguatan Profil Pelajar pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban?
Penelitian ini menggunakan metodologi dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mempunyai karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan penyajian data yang bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai-nilai moderasi beragama di MTs Islamiyah Kedungjambe dilakukan melalui internalisasi dalam kegiatan kokurikuler, integrasi pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan titik tekan nilai nasionalisme, kebhinekaan, dan toleransi. Sedangkan di MTsN 2 Tuban nilai-nilai moderasi agama yang penekanannya pada nilai tasamuh dan ‘adalah tercermin pada kurikulum dan hiddencurriculum. 2) Implementasi Moderasi Beragama dilakukan melalui internalisasi pada MTs Islamiyah Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Sedangkan di MTsN 2 Tuban dilakukan melalui penanaman nilai-nilai moderasi beragama dan strategi pengimplementasian keberagamaan yang moderat melalui pengembangan program. Dan 3) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin (PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban dilakukan melalui kegiatan kokurikuler, integrasi dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler yang dofokuskan pada tiga nilai yaitu nasionalisme, kebhinekaan, dan toleransi melalui transformasi, transinternalisasi, dan transaksi nilai-nilai. Sedangkan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di MTsN 2 Tuban dilakukan melalui penanaman nilai-nilai moderasi beragama dan strategi pengimplementasian keberagamaan yang moderat melalui pengembangan program. Nilai-niai moderasi beragama yang ditanamkan terhadap siswa siswanya adalah nilai Tasamuh (toleransi) dan ‘adalah (keadilan) yang merupakan prinsip yang ditanamkan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama, Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Profil Pelajar Rahmatan Lil A’lamin (PPRA) |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh. Imron |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:16 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2109028601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4961 |