IMPLEMENTASI PROGRAM MODERASI BERAGAMA DALAM MEWUJUDKAN PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5 DAN PPRA) DI MTs ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE DAN MTsN 2 KABUPATEN TUBAN

IMRON, MOH. (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM MODERASI BERAGAMA DALAM MEWUJUDKAN PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5 DAN PPRA) DI MTs ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE DAN MTsN 2 KABUPATEN TUBAN. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Implementasi Program Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban.”
Penelitian ini akan memfokuskan pada Implementasi Program Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban. Ada 2 rumusan masalah yaitu: 1) Apa nilai-nilai moderasi beragama dalam mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban? 2) Bagaimana implementasi program moderasi beragama dalam mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban? Dan 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mewudkan Project Penguatan Profil Pelajar pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe dan MTsN 2 Kabupaten Tuban?
Penelitian ini menggunakan metodologi dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mempunyai karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan penyajian data yang bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai-nilai moderasi beragama di MTs Islamiyah Kedungjambe dilakukan melalui internalisasi dalam kegiatan kokurikuler, integrasi pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan titik tekan nilai nasionalisme, kebhinekaan, dan toleransi. Sedangkan di MTsN 2 Tuban nilai-nilai moderasi agama yang penekanannya pada nilai tasamuh dan ‘adalah tercermin pada kurikulum dan hiddencurriculum. 2) Implementasi Moderasi Beragama dilakukan melalui internalisasi pada MTs Islamiyah Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Sedangkan di MTsN 2 Tuban dilakukan melalui penanaman nilai-nilai moderasi beragama dan strategi pengimplementasian keberagamaan yang moderat melalui pengembangan program. Dan 3) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mewujudkan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin (PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban dilakukan melalui kegiatan kokurikuler, integrasi dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler yang dofokuskan pada tiga nilai yaitu nasionalisme, kebhinekaan, dan toleransi melalui transformasi, transinternalisasi, dan transaksi nilai-nilai. Sedangkan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di MTsN 2 Tuban dilakukan melalui penanaman nilai-nilai moderasi beragama dan strategi pengimplementasian keberagamaan yang moderat melalui pengembangan program. Nilai-niai moderasi beragama yang ditanamkan terhadap siswa siswanya adalah nilai Tasamuh (toleransi) dan ‘adalah (keadilan) yang merupakan prinsip yang ditanamkan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Profil Pelajar Rahmatan Lil A’lamin (PPRA)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Imron
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:16
Last Modified: 21 Mar 2024 02:16
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
NIDN2109028601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4961

Actions (login required)

View Item
View Item