Nikmah, Nailatun (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN MUFRADAT (KOSAKATA) BAHASA ARAB TERHADAP KECAKAPAN BERBAHASA ARAB BAGI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN ALROSYID KENDAL DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (307kB)
pengesahan.pdf
Download (328kB)
BAB II.pdf
Download (360kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (147kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB) | Request a copy
Abstract
Dengan adanya kegiatan pembelajaran mufradat tersebut akan mendukung santri dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dengan cakap dan lancar sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam penelitian ini, penulis membahas pengaruh pembelajaran mufradat terhadap kecakapan berbahasa Arab. Mufradat adalah kosakata bahasa Arab. Kecakapan merupakan cakap dalam menyimak, mendengarkan, membaca dan berbicara dengan bahasa Arab. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah yang muncul yaitu: 1. Bagaimana pembelajaran mufradat (kosakata) bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro, 2. Bagaimanakah kecakapan berbahasa Arab santriwati di Pondok Pesantren AlRosyid Kendal Dander Bojonegoro, 3. Adakah pengaruh pembelajaran mufradat (kosakata) bahasa Arab terhadap kecakapan berbahasa Arab bagi santriwati di Pondok Pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi product moment dan desain penelitian stratified random sampling. Subjek penelitian berjumlah 38 santri. Sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari hasil kepustakaan, wawancara, dokumentasi, angket dan observasi. Berdasarkan data yang diperoleh setelah mengadakan penelitian dan menganalisis data dari setiap data-data yang diperoleh peneliti adalah hasil perhitungan dengan melihat tabel nilai “r” : N = 38. Dengan melihat nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan N sebesar 38, maka dapat digambarkan, yakni pada taraf 5% rxy > rt = 0,630 > 0,320, sedangkan pada taraf signifikansi 1% ro > rt = 0,630 > 0,413. Jadi dalam hipotesis nihil (Ho) di tolak, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada Pengaruh pembelaaran mufradat teradap kecakapan berbahasa Arab bagi santriwati di pondok pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di harapkan dapat berguna bagi santri dan pengajar di Pondok Pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN MUFRADAT, KECAKAPAN BERBAHASA ARAB |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 490 Bahasa-bahasa lain > 492 Bahasa-bahasa Afro-Asia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 03 Mar 2022 15:00 |
Last Modified: | 03 Mar 2022 15:00 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ahmad, Badaruddin UNSPECIFIED Thesis advisor Ulfa, Ulfa UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/495 |