RESPON PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOME)

Fitri, Anisa and Kurniawati, Naning and Mubaroh, Zaki (2021) RESPON PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOME). Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4 (2). ISSN e:2614-4204, p: 2615-465X

[thumbnail of RESPON PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA .pdf] Text
RESPON PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA .pdf

Download (400kB)
[thumbnail of hasil cek plagiasi RESPON PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA.pdf] Text
hasil cek plagiasi RESPON PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang erat katannya dengan soal-soal. Suatu soal matematika dimana soal tersebut tidak mempunyai prosedur rutin dalam penyelesaiannya dianggap sebagai suatu masalah matematika. Suatu pertanyaan akan menjadi masalah apabila siswa tidak dapat merespon pertanyaan tersebut dengan tepat, dan ketika siswa menemukan hambatan dalam menentukan penyelesaian dari soal dengan kompetensi yang dimilikinya maka soal tersebut akan dianggap sebagai suatu masalah. Respon siswa terhadap suatu masalah dapat berbeda-beda. Ketepatan respon siswa terhadap masalah matematika dapat diidentifikasi dengan taksonomi SOLO (Structure of Observe Learning Outcomes). Taksonomi SOLO dapat dipakai untuk mengukur kualitas respon siswa terhadap suatu masalah berdasarkan apa yang siswa pahami atau berdasarkan bagaimana siswa mampu menjawab masalah yang diberikan. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana respon siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Tidak hanya itu, penelitian ini juga membahas bagaimana gambaran respon siswa secara kognitif berdasarkan level yang terdapat pada taksonomi SOLO. Dalam taksonomi SOLO terdapat lima tahapan diantaranya Prestructural, Unistruktural, Multistructural, Relational, dan Extended Abstrak. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa setiap individu memiliki respon dalam pemecahan masalah yang berbeda-beda. Siswa dengan kemampuan tinggi secara keseluruhan mampu memecahkan masalah dan melalui level Multistuctural. Selanjutnya siswa dengan kemampuan sedang secara keseluruhan mampu memecahkan masalah level Unistrustural. Kemudian terakhir siswa dengan kemampuan rendah tidak mampu memecahkan masalah secara keseluruhan sehingga berada pada level Prestuctural. Kondisi inilah yang menjadi tujuan dari penelitian ini, dimana dengan mengetahui respon siswa terhadap masalah matematika dapat diambil langkah untuk keberhasilan proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Respon; Pemecahan Masalah; Taksonomi SOLO
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anisa Fitri
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:17
Last Modified: 02 Feb 2024 08:17
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Fitri, Anisa
NIDN0719049202
Author
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
Author
Mubaroh, Zaki
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item
View Item