HIDAYAT, ANANG TAUVICKS (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (103kB)
pengesahan.pdf
Download (273kB)
bab i.pdf
Download (190kB)
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB) | Request a copy
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB) | Request a copy
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB) | Request a copy
bab v.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (117kB)
Abstract
Pendidikan merupakan faktor yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, begitu juga pendidikan di SMK Taruna Balen yang juga sangat mengutamakan pendidikan moral terhadap siswa-siswinya, sebagaimana rumusan masalah yang sedang penulis teliti yaitu bagaimana strategi SMK Taruna dalam mengembangkan pembelajaran PAI disana dan juga apa saja faktor pendukung dan penghambatnya, ini semua bertujuan agar pihak pengelola SMK lebih semangat dan tahu kekurangan-kekurangan apa saja dalam penerapan strategi tersebut sehingga bisa di evaluasi dan diperbaiki di kemudian hari. Dalam hal ini metode penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah metode penelitian kualitatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kasus, karena penelitian ini dilakukan secara intensif, terinci dan mendasar tentang suatu lembaga, dimana peneliti mengambil kasus ”strategi sekolah dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Taruna Balen Bojonegoro”. data-data yang terkumpul di peroleh dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu: (1) metode wawancara (2) metode dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dan terkumpul dari kegiatan lapangan dan analisis secara kualitatif dengan teknik pengelompokan data, selanjutnya diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMK Taruna Balen Bojonegoro konsen pada pembelajaran PAI. Terbukti dengan berbagai upaya yang dilakukan demi berhasinya strategi sekolah dalam peningkatan pembelajaran PAI di sekolahan umum secara makro. Strategi di SMK Taruna Balen tersebut melakukan strategi-strategi khusus yang jitu antara lain: penyampaian pelajaran PAI secara integral, hal ini dilakukan untuk mempermudah siswa dalam memahami pelajaran PAI. Mengadakan latihan-latihan berupa kegiatan ekstra kurikuler dalam bentuk kerohanian dan baca tulis Al-Qur’an untuk semua kelas antara kelas 10, 11 dan 12. mengadakan evaluasi bersama setelah pembelajaran (keharmonisan guru agama dan guru umum) di hapusnya dikotomi pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Feb 2022 12:54 |
Last Modified: | 27 Feb 2022 12:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED Restager Salamun, Moch UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/480 |