HIDAYAH, NURUL (2015) PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ TERHADAP PERILAKU SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) HIDAYATUL ATHFAL DESA KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (138kB)
pengesahan.pdf
Download (284kB)
BAB I.pdf
Download (247kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (277kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (116kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan akhlaq merupakan salah satu aspek yang fundamental dalam kehidupan bermasyarakat, Latar belakang penelitian ini adalah peri;laku keagamaan siswa yang saat ini sangat membutuhkann perhatian lebih dari berbagai pihak, antara lain dari pihak keluarga, lingkungan sekitar dan guru di sekolah. Tercapainya tujuan pembelajaran akidah tersebut tentunya secara langsung dapat menanamkan tentang pemahaman agama yang baik. Pemahaman siswa ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa terhadap materi aqidah akhlaq tersebut. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku baik peningkatan pengetahuan, perbaikan sikap, maupun meningkatkan ketrampilan yang dialami siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Kalirejo Bojonegoro (2) Bagaimana perilaku siswa Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Kalirejo Bojonegoro (3) Adakah pengaruh hasil belajar aqidah akhlaq terhadap perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Kalirejo Bojonegoro. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar aqidah akhlaq dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Hiadayatul Athfal kalirejo. (2) Untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang akhlaq siswa Madrasah Ibtidaiyah Hiadayatu Athfal kalirejo. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar aqidah akhlaq terhadap perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hiadayatul Athfal kalirejo.
Penelitian ini dilakukan terhadap 50 siswa Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Kalirejo Bojonegoro. Setelah diadakan penelitian dengan penyebaran angket pada para siswa, dan data tersebut dianalisis, telah terbukti bahwa “r” yang diperoleh dari hasil penelitian sebesar :0,443 sedangkan pada taraf signifikansi 5% diketahui “r” dalam tabel (rt) adalah sebesar :0,279 dan pada taraf signifikansi 1% diketahui “r” dalam tabel (rt) adalah sebesar :0,361. Dengan demikian maka dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rҐ” yang diperoleh lebih besar dari pada harga “r” baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Maka kosekwensinya hipotesa mengatakan bahwa hasil belajar aqidah akhlak sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sarana dan Prasarana, Pelayanan, Pembelajaran |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Feb 2022 09:13 |
Last Modified: | 27 Feb 2022 09:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma’arif, M. Jauharul UNSPECIFIED Thesis advisor Yusuf, H.Anas UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/474 |