PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH INTERNATIONAL CLASS PROGRAM NURUL ULUM SUKOREJO BOJONEGORO

WADHIYAH, NUR SAYYIDATUL (2015) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH INTERNATIONAL CLASS PROGRAM NURUL ULUM SUKOREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada saat ini masih monoton, kebanyakan para guru jarang menggunakan media. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran tidak ubahnya penonton, mereka hanya mendengarkan ceramah guru, meskipun tidak dimengerti. Untuk menanggulangi hal itu guru di MI ICP menggunakan media visual dalam pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam mengikutinya. Untuk itu media visual sebagai alat dalam proses pembelajaran nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan ini sebab pada penggunaan media visual keaktifan siswa lebih diutamakan.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian adalah (1) Bagaimana penggunaan media visual dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI ICP Nurul Ulum. (2) Bagaimana pembelajaran Aqidah Akhlak di MI ICP Nurul Ulum. (3) kendala yang dihadapi pada penggunaan media visual dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI ICP Nurul Ulum. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah adalah (1) Mengetahui bagaimana penggunaan media visual dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI ICP Nurul Ulum. (2) Mengetahui pembelajaran Aqidah Akhlak di MI ICP Nurul Ulum. (3) Mengetahui kendala yang dihadapi pada penggunaan media visual dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI ICP Nurul Ulum.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti mengunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data-data yang sudah didapatkan kemudian dianalisa.
Dari penelitian dan pengelolahan data yang diperoleh dapat disimpulkan Penggunaan media visual di MI ICP Nurul Ulum, dibedakan sesuai tingkatan kelas dan materi pembelajaran. Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI ICP Nurul Ulum Bojonegoro dalam penyampaian materi dapat terlaksana dengan baik, akan tetapi lebih cenderung terfokus pada penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Kendala dalam penggunaan media visual dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI ICP Nurul Ulum sangat bervariatif salah satunya adalah kurangnya semangat peserta didik dalam belajar sehingga dapat menurunan minat peserta didik dalam mengikuti pelajaran sehingga materi kurang bisa difahami oleh siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Visual, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Feb 2022 09:01
Last Modified: 27 Feb 2022 09:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma’arif, M. Jauharul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Syaifuddin, M.
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item
View Item