Zainuddin, Akhmad (2014) PENGARUH MATERI PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIST TERHADAP PERILAKU ANAK DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH MALO KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (697kB)
pengesahan.pdf
Download (224kB)
BAB 1.pdf
Download (235kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB) | Request a copy
daftar pustaka.pdf
Download (121kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB) | Request a copy
Abstract
Sebagai lembaga yang menginginkan penguasaan penuh terhadap disiplin ilmu bagi para siswanya sudah barang tentu terobosan-terobosan dilakukan. Salah satu usahanya adalah dengan membuat Program Peraturan tentang mempelajari dan menguasai alqur’an dan hadist dengan mengetahui isi kandungan dari al-Qur’an dan hadist tersebut. Program tersebut di luar jam belajar sekolah atau pelajaran extra kurikuler, maksudnya para siswa diberi waktu untuk belajar mata pelajaran yang disukai, diharapkan dengan penanganan yang intensif terhadap jam belajar siswa dapat membawa efek yang positif bagi siswa.
Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan materi al-Qur’an dan hadist di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Malo Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro? (2) Bagaimana perilaku anak di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Malo Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro? (3) Adakah pengaruh materi pelajaran al-Qur’an dan hadist terhadap perilaku anak Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Malo Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro?
Penelitian ini dibahas dengan Kuantitatif atau penelitian dengan menggunakan angket product moment. Metode ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder.
Adapun jawaban dari rumusan masalah tersebut adalah: (1) Bahwa Materi Pelajaran Al Qur’an dan Hadist mempunyai pengaruh terhadap perilaku siswa. (2) Pengaruh Materi Pelajaran Al Qur’an dan Hadist mempunyai tingkat pengaruh yang sangat cukup, sehingga lebih baik pengaruhnya terhadap perilaku siswa. (3) Hasil pembelajaran yang baik bagi siswa MTs Islamiyah tersebut adanya materi pelajaran Al Qur’an dan Hadist dimana siswa mendapat pengetahuan tentang Al Qur’an dan Hadist yang mereka pandang tidak penting, dan sehingga mereka menganggapnya mempelajari Al Qur’an dan Hadist sangat penting dan sebagai bekal hidup kelak di akhirat nanti. Seperti diketahui bahwa rho dari penelitian adalah 0,71 sedangkan taraf signifikansi 95% 0,515 dengan demikian ternyata rho lebih besar dari rt (baik pada table signifikasi 95% atau 99% ) sebagai konsekwensinya adalah hipotesa kerja yang berbunyi “ Ada pengaruh materi pelajaran Al Qur’an dan Hadist terhadap perilaku anak MTs Islamiyah Malo diterima
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelajaran Al-Qur’an Hadis, Perilaku Anak. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Feb 2022 08:37 |
Last Modified: | 27 Feb 2022 08:37 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Huda, Nurul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/471 |