PENGARUH MATERI PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIST TERHADAP PERILAKU ANAK DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH MALO KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO

Zainuddin, Akhmad (2014) PENGARUH MATERI PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIST TERHADAP PERILAKU ANAK DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH MALO KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai lembaga yang menginginkan penguasaan penuh terhadap disiplin ilmu bagi para siswanya sudah barang tentu terobosan-terobosan dilakukan. Salah satu usahanya adalah dengan membuat Program Peraturan tentang mempelajari dan menguasai alqur’an dan hadist dengan mengetahui isi kandungan dari al-Qur’an dan hadist tersebut. Program tersebut di luar jam belajar sekolah atau pelajaran extra kurikuler, maksudnya para siswa diberi waktu untuk belajar mata pelajaran yang disukai, diharapkan dengan penanganan yang intensif terhadap jam belajar siswa dapat membawa efek yang positif bagi siswa.
Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan materi al-Qur’an dan hadist di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Malo Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro? (2) Bagaimana perilaku anak di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Malo Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro? (3) Adakah pengaruh materi pelajaran al-Qur’an dan hadist terhadap perilaku anak Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Malo Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro?
Penelitian ini dibahas dengan Kuantitatif atau penelitian dengan menggunakan angket product moment. Metode ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder.
Adapun jawaban dari rumusan masalah tersebut adalah: (1) Bahwa Materi Pelajaran Al Qur’an dan Hadist mempunyai pengaruh terhadap perilaku siswa. (2) Pengaruh Materi Pelajaran Al Qur’an dan Hadist mempunyai tingkat pengaruh yang sangat cukup, sehingga lebih baik pengaruhnya terhadap perilaku siswa. (3) Hasil pembelajaran yang baik bagi siswa MTs Islamiyah tersebut adanya materi pelajaran Al Qur’an dan Hadist dimana siswa mendapat pengetahuan tentang Al Qur’an dan Hadist yang mereka pandang tidak penting, dan sehingga mereka menganggapnya mempelajari Al Qur’an dan Hadist sangat penting dan sebagai bekal hidup kelak di akhirat nanti. Seperti diketahui bahwa rho dari penelitian adalah 0,71 sedangkan taraf signifikansi 95% 0,515 dengan demikian ternyata rho lebih besar dari rt (baik pada table signifikasi 95% atau 99% ) sebagai konsekwensinya adalah hipotesa kerja yang berbunyi “ Ada pengaruh materi pelajaran Al Qur’an dan Hadist terhadap perilaku anak MTs Islamiyah Malo diterima

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Al-Qur’an Hadis, Perilaku Anak.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Feb 2022 08:37
Last Modified: 27 Feb 2022 08:37
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Nurul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item