THIASARI, ANIS (2020) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS “ PGRI” PADANGAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (99kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (559kB)
BAB 1.pdf
Download (536kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (658kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (236kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah atas PGRI Padangan bojonegoro. Kejenuhan dalam pelaksanaan belajar mengajar Menjadi salah satu problem yang dihadapi siswa dalam pelajaran Pedidikan Agama Islam yang cenderung monoton dan menyebabkan ngantuk. Mengatasi hal tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat dan menarik dalam meningkatkan dan menumbuhkan rasa semangat belajar. Salah satu metode yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan metode problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Penerapan metode problem based learning pada mata pelajaran pendidika agama islam . (2) keaktifan siswa pada waktu pembelajaran berlangsung. (3) pengaruh metode problem based learning dalam membantu mengaktifkan kegiatan belajar mengajar dikelas khususnya pelajaran pendidikan agama islam . Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi , Angket quotioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun kuantitatif yang diterapkan dalam pembahasan penelitian ini adalah menggunakan teknik korelasi product moment Hasil penelitian menunjukkan bahwa Menggunakan Metode problem based learning bernilai baik dan efektif untuk diterapkan waktu pembelajaran dengan perhitungan 100% bila rata – rata 19 dikonsultasikan tabel presentase yaitu bernilai 79% dan berada pada rentang 65% - 84% kriteria penilaian tergolong baik. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan baik dibuktikan pada perhitungan 100% bila rata-rata 18 dikonsultasikan tabel presentase yaitu bernilai 75% dan berada pada rentang 65% - 84% kriteria penilaian tergolong baik dan siswa juga aktif ketika pembelajaran berlangsung , dan pengaruhnya dapat dibuktikan dengan perhitungan rumus product moment pada taraf signifikansi 5% ro > rt = 0,426>0,266. Sedangkan dalam tarif 1% ro > rt = 0,426 > 0,345. Hipotetis alternative (Ha) yang penulis ajukan dapat diterima dan hipotetis nihil (Ho) ditolak. Jadi terdapat adanya pengaruh metode problem based learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata Pelajaran PAI di SMA PGRI padangan bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Based Learning, Keaktifan Belajar. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 05:44 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 05:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ROHMAWATI, ULVA BADI’ UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/467 |