Khusna, Dhea Nada (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (485kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (590kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (949kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (280kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (429kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan representasi matematis sangat diperlukan siswa, namun ternyata fakta dilapangan mengatakan bahwa kemampuan representasi matematis masih menjadi permasalahan bagi siswa, maka dari itu perlu adanya inovasi pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa adalah Model Eliciting Activities (MEAs). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang mana bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi penyajian data. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Bojonegoro, dengan pemilihan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensia yang meliputi uji normalitas dan uji hipotesis (uji paired sample t-test) dengan menggunakan progam SPSS versi 26 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian paired sample t-test diperoleh nilai signifikan Sig.(2-tailed)<α atau diperoleh 0,000<0,05 dan perhitungan gain score sebesar 0,7381. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa dengan kateagori “Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Model Eliciting Activities |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email 3420190079@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2023 07:56 |
Last Modified: | 23 Sep 2023 07:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sari, Astrid Chandra NIDN0721059101 Thesis advisor Fathoni, M Ivan Ariful NIDN0705019103 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4603 |