ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs)

Khusna, Dhea Nada (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan representasi matematis sangat diperlukan siswa, namun ternyata fakta dilapangan mengatakan bahwa kemampuan representasi matematis masih menjadi permasalahan bagi siswa, maka dari itu perlu adanya inovasi pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa adalah Model Eliciting Activities (MEAs). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang mana bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi penyajian data. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Bojonegoro, dengan pemilihan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensia yang meliputi uji normalitas dan uji hipotesis (uji paired sample t-test) dengan menggunakan progam SPSS versi 26 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian paired sample t-test diperoleh nilai signifikan Sig.(2-tailed)<α atau diperoleh 0,000<0,05 dan perhitungan gain score sebesar 0,7381. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa dengan kateagori “Tinggi”.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Model Eliciting Activities
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email 3420190079@unugiri.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2023 07:56
Last Modified: 23 Sep 2023 07:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
NIDN0721059101
Thesis advisor
Fathoni, M Ivan Ariful
NIDN0705019103
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4603

Actions (login required)

View Item
View Item