Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Smpn Model Terpadu Bojonegoro

HANIFAH, SOFI ALADATUL (2023) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Smpn Model Terpadu Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (994kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.docx.pdf] Text
BAB 4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan transisi antara masa anak-anak ke masa dewasa atau belasan tahun dimana mereka sedang berusaha untuk mencari identitas diri. manusia itu terbagi menjadi dua bentuk self esteem, yaitu self esteem negatif dan self esteem positif. Apabila seseorang mempunyai self esteem positif, maka dia akan membangkitkan rasa percaya diri dan mampu untuk menghargai dirinya sendiri begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari self esteem siswa SMP Model Terpadu Bojonegoro. Partisipan penelitian ini adalah siswa di SMPN Model Terpadu Bojonegoro dengan julmah populasi 447. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dalam metode eksperimen peneliti mengambil jenis Pre-Eksperimental Designs dengan One=Group Pretest-Postest Design yang artinya melihat perbandingan sebelum dan sesudah diberikan treatment/perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran dari self esteem siswa SMP Model Terpadu Bojonegoro yaitu 18% dengan kategori tinggi, 63% dengan kategori sedang, dan 18% kategori rendah. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang artinya dalam metode ini mengidentifikasi atau menunjukan suatu pengujian (tes). Berdasarkan hasil uji normalitas, nilai signifikansi yang diperoleh yaitu untuk pre-test 0,191 (p > 0,05) dan post-test 0,129 (p > 0,05) artinya data berdistribusi normal. Berdasarkan Hasil uji paired t-test pada tabel diatas dapat dijelaskan sebagai berikut: Tingkat signifikan dari uji ini adalah sebesar 5%. Dasar pengambilan keputusan terhadap hipotesis yang dilakukan adalah jika nilai sig 2 (tailed) < 0,05 maka ho di tolak dan Ha diterima begitu sebaliknya. Dapat dilihat dari tabel nilai sig 2 (tailed) adalah sebesar 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima. Jadi, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan self esteem pada siswa SMPN Model Terpadu Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok. Self Esteem, Role Playing
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: IMAM FANDOLI
Date Deposited: 23 Sep 2023 02:44
Last Modified: 23 Sep 2023 02:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Srianturi, Yanuari
NIDN0717019401
Thesis advisor
Efendi, Moh Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4591

Actions (login required)

View Item
View Item