HANIFAH, SOFI ALADATUL (2023) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Smpn Model Terpadu Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (438kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB 1.pdf
Download (994kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 4.docx.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (322kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (369kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Masa remaja merupakan transisi antara masa anak-anak ke masa dewasa atau belasan tahun dimana mereka sedang berusaha untuk mencari identitas diri. manusia itu terbagi menjadi dua bentuk self esteem, yaitu self esteem negatif dan self esteem positif. Apabila seseorang mempunyai self esteem positif, maka dia akan membangkitkan rasa percaya diri dan mampu untuk menghargai dirinya sendiri begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari self esteem siswa SMP Model Terpadu Bojonegoro. Partisipan penelitian ini adalah siswa di SMPN Model Terpadu Bojonegoro dengan julmah populasi 447. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dalam metode eksperimen peneliti mengambil jenis Pre-Eksperimental Designs dengan One=Group Pretest-Postest Design yang artinya melihat perbandingan sebelum dan sesudah diberikan treatment/perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran dari self esteem siswa SMP Model Terpadu Bojonegoro yaitu 18% dengan kategori tinggi, 63% dengan kategori sedang, dan 18% kategori rendah. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang artinya dalam metode ini mengidentifikasi atau menunjukan suatu pengujian (tes). Berdasarkan hasil uji normalitas, nilai signifikansi yang diperoleh yaitu untuk pre-test 0,191 (p > 0,05) dan post-test 0,129 (p > 0,05) artinya data berdistribusi normal. Berdasarkan Hasil uji paired t-test pada tabel diatas dapat dijelaskan sebagai berikut: Tingkat signifikan dari uji ini adalah sebesar 5%. Dasar pengambilan keputusan terhadap hipotesis yang dilakukan adalah jika nilai sig 2 (tailed) < 0,05 maka ho di tolak dan Ha diterima begitu sebaliknya. Dapat dilihat dari tabel nilai sig 2 (tailed) adalah sebesar 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima. Jadi, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan self esteem pada siswa SMPN Model Terpadu Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok. Self Esteem, Role Playing |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | IMAM FANDOLI |
Date Deposited: | 23 Sep 2023 02:44 |
Last Modified: | 23 Sep 2023 02:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Srianturi, Yanuari NIDN0717019401 Thesis advisor Efendi, Moh Yusuf NIDN0706018902 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4591 |